Facebook Didesak untuk Menutup Grup Review Palsu Amazon

Kelompok konsumen Which? telah mengklaim bahwa Facebook gagal menutup grup di situsnya di mana ulasan palsu Amazon diperjualbelikan. Pada bulan Juni yang lalu Facebook didesak  oleh Competition and Markets Authority untuk menyelidiki penjualan ulasan palsu melalui grup-grup yang berada di Facebook. Which? mengklaim bahwa mereka telah menemukan beberapa grup yang aktif merekrut pengguna lain untuk menulis ulasan palsu.

Facebook mengatakan telah menghapus hampir semua grup yang dilaporkan dan masih menyelidiki masalah tersebut.

Untuk investigasinya, Which? mengatakan mereka bergabung dengan 10 grup Facebook terpisah untuk mencari anggota baru. Dalam periode 30 hari, perekrut menambahkan lebih dari 55.000 posting ke grup yang menawarkan produk gratis kepada orang-orang yang menulis ulasan berperingkat tinggi di Amazon.

Natalie Hitchins, kepala produk di Which? mengatakan sangat mengkhawatirkan bahwa Facebook terus membuat pengguna terekspos terhadap produk berkualitas rendah atau tidak aman yang didorong oleh ulasan yang menyesatkan dan tidak jujur.  Hitchins mengatakan Facebook harus mengambil lebih banyak tindakan terhadap kelompok apa pun yang dilaporkan kepada mereka dan menjadi lebih proaktif untuk menemukan kelompok lain dan menutupnya.

Sumber: BBC

Sumber Foto: The Verge