Karyawan Microsoft Juga Mendengarkan Panggilan Skype

Karyawan Microsoft sesekali mendengarkan percakapan Skype yang telah diproses oleh perangkat lunak terjemahan. Menurut situs teknologi Motherboard, beberapa kontraktor untuk Microsoft meninjau percakapan tersebut untuk memeriksa kualitas terjemahan. Namun, fakta bahwa manusia dapat mendengarkan panggilan tidak secara eksplisit dinyatakan dalam syarat dan ketentuan Skype.

Microsoft mengatakan pihaknya memiliki izin pengguna untuk mengumpulkan dan memproses data mereka. Layanan penerjemahan Skype menerjemahkan dialog yang terjadi selama panggilan audio dan video langsung.

Motherboard mengatakan memperoleh audio dari percakapan Skype yang diterjemahkan di mana pengguna berbicara secara intim dengan orang yang dicintai dan membahas masalah pribadi, termasuk penurunan berat badan dan masalah hubungan.

Situs teknologi tersebut juga mengatakan memiliki bukti bahwa kontraktor manusia dapat mendengar perintah suara yang diucapkan kepada Cortana, asisten virtual Microsoft yang diaktifkan  dengan suara.

Juru bicara Microsoft mengatakan bahwa Microsoft mendapat izin pengguna sebelum mengumpulkan dan menggunakan data suara mereka. Ia menambahkan bahwa Microsoft juga menerapkan beberapa prosedur yang dirancang untuk memprioritaskan privasi pengguna sebelum berbagi data tersebut dengan vendor, termasuk menghapus data identifikasi, mengharuskan perjanjian  tanpa pengungkapan dengan vendor dan karyawan mereka, dan mengharuskan vendor memenuhi standar privasi tinggi yang ditetapkan dalam hukum Eropa.

Pernyataan privasi Microsoft  mengatakan data dapat dibagikan dengan vendor yang bekerja atas nama Microsoft, tetapi tidak secara eksplisit menyatakan bahwa ini dapat mencakup pekerja manusia selain, misalnya, sistem kecerdasan buatan.

Sumber: Motherboard via BBC

Sumber Foto: Microsoft