Pengguna Alexa Dapat Nonaktifkan Review Manusia pada Voice Recording

Amazon telah memberikan pengguna Alexa pilihan untuk menonaktifkan tinjauan atau review manusia terhadap rekaman suara mereka dan berkomitmen untuk keterbukaan yang lebih besar tentang penggunaan strategi tersebut di masa depan, tetapi mereka tidak akan mengikuti Google dan Apple dalam menghentikan praktik review manusia seluruhnya di Eropa.

Pemilik Echo dan pengguna lain dari asisten suara virtual Amazon dapat mematikan tinjauan manusia di halaman privasi Alexa dengan menonaktifkan pengaturan berlabel help improve Amazon services and develop new features.

Seorang juru bicara Amazon mengatakan bahwa mereka memperlakukan privasi pelanggan dengan serius dan terus-menerus meninjau praktik dan prosedur yang mereka terapkan. Untuk Alexa, Amazon sudah menawarkan pelanggan kemampuan untuk memilih tidak menggunakan rekaman suara mereka untuk membantu mengembangkan fitur Alexa baru.

Amazon bagaimanapun belum mau mengikuti pesaingnya dalam mengakhiri ulasan manusia sama sekali. Pekan lalu, Apple mengumumkan pemberhentian sementara program peninjauan manusia setelah laporan Guardian mengungkapkan keberadaan program penilaian dan fakta bahwa kontraktor yang mengerjakannya secara teratur mendengar informasi rahasia atau pribadi sebagai akibat dari aktivasi yang tidak disengaja. Apple mengatakan sedang meninjau program tersebut dan berkomitmen untuk membangun kemampuan untuk memilih keluar dari ulasan manusia dalam pembaruan perangkat lunak di masa depan.

Sebelumnya pada bulan Juli, Google juga menghentikan program peninjauannya, meskipun hanya di Uni Eropa, setelah kebocoran 1.000 rekaman dari asisten cerdas mereka. Lebih dari satu dari tujuh rekaman secara tidak sengaja dipicu dan banyak lagi berisi informasi pribadi.

Sebagai akibat dari kebocoran tersebut, komisaris perlindungan data Hamburg memerintahkan Google untuk menghentikan tinjauan manusia selama tiga bulan dan merujuk kasus tersebut kepada komisaris perlindungan data Irlandia untuk ditinjau.

Sumber: The Guardian

Sumber Foto: Amazon