Perusahaan Teknologi Dibayangi Denda dari Ofcom

Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk mengenakan denda pada aplikasi dan situs berbagi video melalui regulator media Inggris. Proposal tersebut akan membuat Ofcom bisa mengenakan denda jutaan pound jika menilai platform gagal mencegah anak-anak melihat pornografi, kekerasan, dan materi berbahaya lainnya. Regulator akan bertanggung jawab atas masalah ini mulai 19 September 2020.

Langkah ini dirancang untuk memenuhi kewajiban Inggris ke Uni Eropa, tetapi mungkin tidak diperlukan jika Brexit terjadi pada bulan Oktober nanti. Bahkan mungkin hanya akan menjadi tindakan sementara sampai regulator online terpisah yang mengatur konten yang merugikan  ditunjuk di kemudian hari.

Juru bicara untuk Departemen Digital, Budaya, Media dan Olahraga Inggris mengatakan bahwa penerapan AVMSD [Petunjuk Layanan Media Audiovisual] diperlukan sebagai bagian dari kewajiban Inggris yang timbul dari keanggotaannya di Uni Eropa dan sampai Inggris secara resmi meninggalkan Uni Eropa semua kewajibannya tetap berlaku. Jika Inggris meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan, Inggris tidak akan terikat untuk mengubah AVMSD menjadi hukum Inggris.

Proposal tersebut dikabarkan disepakati secara diam-diam sebelum liburan musim panas.  Parlemen akan memberikan Ofcom kekuatan untuk perusahaan teknologi untuk melakukan denda hingga 5% dari pendapatan mereka dan/atau memblokir mereka di Inggris jika mereka gagal mematuhi peraturannya.

Sumber: BBC

Sumber Foto: The New Media