PewDiePie Kini Punya 100 Juta Pelanggan di YouTube

Vlogger gaming Felix Kjellberg atau biasa dikenal dengan PewDiePie, telah melampaui 100 juta pelanggan di YouTube. Kjellberg, pemilik saluran dengan jumlah pelanggan tertinggi kedua di situs berbagi video, membangun banyak penggemar muda dengan komentar permainan let’s play, tetapi ia juga menarik kontroversi.

YouTuber asal Swedia berusia 29 tahun tersebut telah memposting video dengan lelucon antisemitic dan citra Nazi, dan telah dijadikan panutan oleh tokoh sayap kanan termasuk tersangka penembakan Christchurch, yang mendesak penonton live streaming-nya saat penembakan massal Selandia Baru untuk berlangganan PewDiePie . Dalam salah satu video Kjellberg, sepasang pria yang disewa oleh PewDieDie mengangkat sebuah tanda yang berbunyi: Death to all Jews.

Kjellberg dilaporkan menghapus beberapa video dan mengeluarkan pernyataan mengakui bahwa beberapa leluconnya pada akhirnya menyinggung. Dia mengatakan bahwa dirinya benar-benar muak bahwa pria bersenjata itu menyebutkan namanya.

Kjellberg sebelumnya merekomendasikan saluran yang menampilkan referensi Nazi di video-videonya. Pada akhir 2018, Kjellberg mendesak para pengikutnya untuk berlangganan salurannya setelah perusahaan hiburan India T-Series mulai dengan cepat mengumpulkan dukungan, dengan para bintang Bollywood menggalang para penggemar untuk membantu menggulingkan kekuasaan lima tahun PewDiePie sebagai saluran yang paling  banyak langganan di YouTube.

T-Series, yang popularitasnya meningkat seiring dengan akses internet yang lebih luas di Asia Selatan, sekarang memiliki hampir 110 juta pelanggan. Untuk konteks, Justin Bieber memiliki 46 juta, Rihanna memiliki lebih dari 32 juta dan Drake memiliki hampir 19 juta. Kjellberg dibayar untuk mendukung produk di salurannya, dan aktor Jack Black adalah di antara mereka yang baru-baru ini ia lawan di video game Minecraft.

Sumber: The Guardian

Sumber Foto: YouTube