Praktik Privasi Lemah, Instagram Biarkan Mitra Terpercaya Melacak Lokasi Pengguna

Kombinasi antara kesalahan konfigurasi dan pengawasan yang lemah oleh Instagram memungkinkan salah satu mitra periklanannya untuk menyalahgunakan sejumlah besar data pengguna publik dan membuat catatan terperinci tentang keberadaan fisik pengguna, keterangan pribadi, dan foto yang dimaksudkan untuk terhapus setelah 24 jam.

Profil pengguna yang dicuri dan kemudian dijahit kembali oleh firma pemasaran yang berbasis di San Francisco tersebut adalah pelanggaran yang jelas terhadap aturan Instagram. Hal yang menyesakkan adalah bahwa semuanya terjadi di bawah hidung Instagram selama setahun terakhir dan dilakukan sebuah perusahaan yang oleh Instagram disebut Facebook Marketing Partners terpercaya.

Instagram kemudian mengirim surat penangguhan dan penghentian Hyp3r setelah dikonfrontasikan dengan temuan Business Insider dan mengkonfirmasi bahwa Hyp3r melanggar aturannya. Menurut Instagram  aksi HYP3R tidak dikenai sanksi dan melanggar kebijakan. Akibatnya, HyP3r dihapus dari Instagram. Instagram juga telah melakukan perubahan produk yang akan membantu mencegah perusahaan lain mencuri halaman lokasi publik dengan cara yang sama.

Total volume data Instagram yang diperoleh Hyp3r tidak jelas, meskipun perusahaan itu secara terbuka mengatakan memiliki kumpulan data unik dari ratusan juta konsumen dengan nilai tertinggi di dunia dan sumber mengatakan lebih dari 90% datanya berasal dari Instagram. Perusahaan tersebut menelan lebih dari 1 juta posting Instagram sebulan.

Sumber: Business Insider

Sumber Foto: Instagram