Saingi Snapchat, Instagram Buat Aplikasi Threads

Facebook dikabarkan sedang mengembangkan aplikasi pesan baru yang disebut Threads yang dimaksudkan untuk mempromosikan berbagi sesuatu yang konstan dan intim antara pengguna dan teman-teman terdekat mereka. Thread yang dirancang sebagai aplikasi pendamping untuk Instagram, mengundang pengguna untuk secara otomatis berbagi lokasi, kecepatan, dan masa pakai baterai dengan teman-teman, bersama dengan pesan teks, foto, dan video yang lebih khas menggunakan alat kreatif Instagram. Aplikasi, yang dirancang untuk berbagi dengan daftar teman dekat di Instagram, sekarang sedang diuji secara internal di Facebook.

Pada bulan Mei, Instagram menghentikan proyek Direct, sebuah aplikasi perpesanan mandiri yang telah dikembangkan sejak akhir 2017. Pada saat itu, para eksekutif Instagram mengatakan bahwa para penguji beta dari aplikasi tersebut frustrasi karena harus beralih antara Instagram dan aplikasi kedua setiap kali mereka ingin mengirim pesan.  Tetapi perusahaan tetap tertarik untuk membangun pengalaman pengiriman pesan baru. Karyawan Instagram yang bekerja pada perpesanan dipindahkan ke tim Facebook Messenger awal tahun ini sebagai bagian dari konsolidasi yang lebih luas antara perusahaan induk Facebook dan Instagram.

Aplikasi perpesanan yang dibangun di sekitar teman dekat mungkin lebih populer. Aplikasi itulah yang sudah dimiliki Snapchat hari ini untuk sebagian penggunanya. Laporan menunjukkan bahwa rata-rata pengguna Snapchat menghabiskan lebih banyak waktu di dalam aplikasi daripada rata-rata pengguna Instagram. Untuk Facebook dan Instagram, yang telah lama menginginkan keterlibatan kuat Snapchat di antara pengguna yang lebih muda, Threads dapat mewakili upaya lain untuk mengimbangi daya tarik saingan mereka.

Cuplikan layar menunjukkan aplikasi yang dirancang untuk mempromosikan berbagi yang konstan dan otomatis antara pengguna dan orang-orang di daftar teman dekat mereka di Instagram. Ikut serta untuk berbagi otomatis, dan Threads akan secara teratur memperbarui status, memberikan teman-teman pandangan waktu nyata tentang informasi lokasi, kecepatan, dan banyak lagi. Saat ini, Threads tidak menampilkan lokasi real-time, sebagai gantinya, itu mungkin mengatakan sesuatu seperti seorang teman sedang bergerak.

Inti dari Threads tampaknya adalah perpesanan, dan terlihat sangat mirip dengan produk perpesanan yang ada di Instagram. Pesan dari teman muncul di feed sentral, dengan titik hijau yang menunjukkan teman yang sedang aktif. Jika teman telah mengirim berita baru, pengguna dapat melihatnya dari dalam Thread juga. Threads juga memiliki kamera, yang dapat digunakan untuk mengambil foto dan video dan mengirimkannya ke teman dekat.

Tidak jelas kapan Threads mungkin diluncurkan.

Sumber: The Verge

Sumber Foto: Instagram