Twitter Bagikan Data Pengguna ke Pengiklan Tanpa Consent

Dua hari yang lalu, Twitter mengatakan bahwa mereka menemukan masalah dengan bagaimana mematuhi pengaturan privasi pengguna dan mungkin secara tidak sengaja berbagi data pengguna dengan pihak ketiga (pengiklan). Jaringan microblogging tersebut mengatakan dalam posting blog pada hari Selasa yang lalu bahwa mungkin telah membagikan data tertentu meskipun pengguna tidak memberikan izin untuk melakukannya.

Pengguna Twitter yang mengklik atau melihat iklan untuk aplikasi seluler sejak Mei 2018 mungkin telah berbagi data tentang pengalaman dengan mitra pengukuran dan periklanan pihak ketiga. Data yang akan dibagikan termasuk kode negara pengguna, informasi tentang iklan, dan apakah mereka terlibat dengan iklan dan kapan (waktu terlibat).

Masalah lain berkaitan dengan asumsi yang dibuat Twitter tentang perangkat yang disukai oleh penggunanya ketika mencoba untuk memberikan iklan bertarget yang lebih relevan. Twitter mengatakan data ini tetap berada di dalam perusahaan dan tidak menyertakan informasi pribadi yang sensitif seperti alamat email atau kata sandi.

Perusahaan teknologi telah mendapat sorotan tajam dalam beberapa tahun terakhir tentang bagaimana mereka mengumpulkan dan menyimpan data pengguna. Sebagian besar fokus telah di Facebook, tetapi Twitter juga mengumpulkan data pengguna.

Twitter telah berupaya lebih transparan tentang cara mengumpulkan, menggunakan, dan membagikan data pengguna dan tahun lalu perusahaan mengungkapkan kebijakan privasi yang baru. Pembaruan itu keluar sebulan sebelum serangkaian peraturan Uni Eropa baru yang disebut Peraturan Perlindungan Data Umum atau GDPR, mulai berlaku.

Twitter mengatakan bahwa mereka menangani masalah ini dengan serius dan setiap kali muncul masalah, Twitter melakukan peninjauan untuk memastikan bahwa mereka membuat perubahan untuk mencegah jenis masalah yang sama berulang. Dalam hal ini, Twitter telah mengerahkan perbaikan yang telah mengoreksi sinyal otorisasi berbagi data yang menyebabkan masalah tersebut.

Sumber: CNet

Sumber Foto: The Guardian