Aplikasi Kamera Terdeteksi Menumpangkan Adware

Sekarang, polanya sudah lumrah. Meskipun Google meningkatkan upaya pendeteksiannya, Google tampaknya tidak dapat menghilangkan aplikasi samar-samar dari menyelinap masuk ke Google Play Store tempat mereka sering mengumpulkan jutaan unduhan sebelum ditemukan dan dihapus.

Aplikasi kamera yang dimaksud termasuk Sun Pro Beauty Camera dan Funny Sweet Beauty Selfie Camera, keduanya diidentifikasi oleh para peneliti di Wandera sebagai adware dan juga mengumpulkan lebih dari 1,5 juta unduhan sebelum ditarik dari Play Store.

Secara alami, para peneliti mendorong siapa pun yang masih memiliki salah satu aplikasi ini di ponsel mereka untuk menyingkirkannya. Aplikasi juga meminta sejumlah izin yang cerdik, termasuk untuk dapat merekam audio kapan saja serta peluncuran jendela peringatan sistem yang memungkinkan aplikasi untuk menipu pengguna agar mengklik sesuatu yang tidak diinginkannya.

Juga memunculkan iklan di luar aplikasi yang mengganggu pengguna di tengah alur kerja mereka, merusak perangkat mereka, menguras baterai perangkat, dan dalam beberapa kasus, perangkat yang terinfeksi perlu diganti sama sekali.

Bagi pengguna yang masih menggunakan kedua aplikasi di atas untuk segera menghapus aplikasi tersebut dari ponsel sesegera mungkin.

Sumber: BGR

Sumber Foto: Crunchfish