Data Penduduk Ekuador Bocor

Data pribadi terkait hampir setiap warga Ekuador ditemukan terpapar online. Nama, informasi keuangan, dan data sipil sekitar 17 juta orang, termasuk 6,7 juta anak-anak, ditemukan oleh perusahaan keamanan vpnMentor. Gudang besar data ditemukan di server cloud tanpa jaminan yang dapat dilihat oleh hampir semua orang. Akses ke server tersebut kini telah dibatasi berkat tim keamanan darurat komputer Ekuador.

Noam Rotem dan Ran Locar, dari vpnMentor mengatakan bahwa pelanggaran data melibatkan sejumlah besar informasi pribadi yang sensitif yang dapat diidentifikasi ke tingkat individu. Selain data identitas dasar, file yang terbuka meliputi nomor ID resmi pemerintah, nomor telepon, catatan keluarga, tanggal pernikahan, sejarah pendidikan, dan catatan kerja.

Cache informasi juga termasuk beberapa catatan keuangan penghitungan saldo akun pelanggan dari satu bank besar Ekuador. Sementara, catatan pajak, termasuk nomor ID pendapatan resmi untuk perusahaan, ditemukan pada file lain.

Para peneliti keamanan mengatakan bahwa pelanggaran data ini sangat serius karena sedemikian banyak informasi yang diungkapkan tentang masing-masing individu. Peneliti mengatakan mereka telah menemukan data sebesar 18GB tersebar di berbagai file yang disimpan di server tanpa jaminan yang dibuat dan dijalankan oleh Novaestrat, sebuah perusahaan pemasaran dan analisis Ekuador.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Daily Mail