Facebook akan Sembunyikan Jumlah LIKES

Beberapa pengguna Facebook akan segera tidak lagi melihat jumlah LIKES, reaksi dan tayangan video pada posting lain dalam uji coba pertama di dunia yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan pengguna. Sebaliknya, LIKES akan bersifat pribadi dan hanya dapat dilihat oleh pembuat postingan. Uji coba yang baru dilakukan oleh Facebook ini akan dimulai pada hari Jumat di Australia.

Direktur kebijakan Facebook Australia Mia Garlick mengatakan perubahan tersebut didasarkan pada penelitian kesejahteraan dan umpan balik dari para profesional kesehatan mental bahwa jumlah LIKES dapat menyebabkan perbandingan sosial.

Garlick mengatakan bahwa Facebook mendapat umpan balik yang sangat positif dari banyak kelompok anti-intimidasi dan organisasi kesehatan mental yang bekerja dengan mereka. Kebijakan tersebut benar-benar hanya mengeluarkan umlah LIKES  sehingga orang dapat fokus pada kualitas interaksi mereka dan kualitas konten daripada pada jumlah LIKES atau reaksi.

Dengan kebijkan ini diiharapkan pengguna Facebook akan lebih nyaman berbagi di platform daripada merasa seperti kompetisi. Garlick meyakinkan bisnis yang mengandalkan Facebook bahwa mereka masih akan menerima semua metrik dan wawasan yang sama dengan yang mereka akses sebelumnya.

Dia mengatakan masih terlalu dini untuk mengatakan apakah tes tersebut akan diluncurkan ke negara lain seperti uji coba Instagram di Australia, Kanada, Brasil, Selandia Baru, Jepang, Italia, dan Irlandia. Seperti halnya Instagram, yang dimiliki oleh Facebook, tidak ada indikasi kapan uji coba akan berakhir atau jika perubahan akan dilakukan secara permanen.

Sumber: The Guardian

Sumber Foto: The Telegraph