Kantor Komisi Informasi Pertanyakan Pengumpulan Data Publik

Kantor Komisi Informasi Inggris sedang menanyai pemerintah Inggris tentang pengumpulan data pribadi di platform pemerintah. Hal ini dilakukan setelah adanya laporan dari situs berita Buzzfeed yang mengklaim dokumen yang bocor menunjukkan perdana menteri telah memerintahkan situs web untuk digunakan sebagai platform untuk informasi yang ditargetkan dan dipersonalisasi.

Buzzfeed menambahkan bahwa data pengguna akan dimasukkan ke dalam persiapan Brexit, sementara pemerintah Inggris mengatakan tujuannya adalah agar layanan publik mudah diakses. Akan tetapi kelompok kampanye hak privasi Big Brother Watch telah mengklaim bahwa laporan tersebut menimbulkan pertanyaan tentang legitimasi, urgensi dan tujuan pelacakan pribadi semacam itu.

Dalam sebuah tweet, ICO mengatakan bahwa mereka telah menghubungi pemerintah mengenai pengumpulan data pribadi pada platform pemerintah untuk memahami sepenuhnya pendekatannya terhadap kepatuhan terhadap undang-undang perlindungan data dan apakah perlu tindakan lebih lanjut. Gov.uk adalah situs web yang menyatukan semua layanan pemerintah, yang memungkinkan orang memperbarui pajak, membayar paspor, dan memesan tes mengemudi.

Buzzfeed melaporkan bahwa Boris Johnson mengatakan bahwa Kantor Kabinet telah diinstruksikan untuk mengubah Gov.uk menjadi platform untuk memungkinkan informasi yang ditargetkan dan dipersonalisasi untuk dikumpulkan, dianalisis, dan dikembalikan secara aktif untuk mendukung pengambilan keputusan penting terkait Brexit.

Situs berita itu menambahkan bahwa Dominic Cummings, penasihat kepala perdana menteri, telah mengirim email kepada para pejabat senior yang menginstruksikan kepada mereka bahwa hal tersebut adalah prioritas utama untuk menyelesaikan masalah ini secepatnya.

Sumber: BBC

Sumber Foto: WM Media