Klinik Identitas Gender Bocorkan Alamat e-Mail Pasien

Sebuah klinik identitas gender di London telah secara keliru mengekspos rincian hampir 2.000 orang di daftar emailnya. The Charing Cross Gender Identity Clinic mengirimkan email kepada pasien tentang perlombaan seni, dengan ratusan pasien lainnya di yang di-cc-kan. Klinik tersebut kemudian mencoba untuk menarik kembali pesan yang telah dikirimkan, tetapi kesalahannya sudah terlebih dahulu diketahui.

Tavistock dan Portman NHS Foundation Trust, yang bertanggung jawab untuk klinik, sedang menyelidiki peristiwa tersebut.

Dua email terpisah dikirim, masing-masing sekitar 900 orang di-CC. Seorang pasien di klinik, Jessie, mengatakan bahwa dia marah mengapa hal tersebut terjadi. Seorang juru bicara untuk Tavistock dan Portman NHS Foundation Trust mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki insiden keamanan data tersebut.

Menurut mereka insiden ini melibatkan email dari pasien dan tim keterlibatan publik mengenai proyek seni. Sayangnya, karena kesalahan, alamat email dari beberapa orang yang diundang untuk berpartisipasi tidak disembunyikan dan karenanya dapat dilihat oleh semua orang. Juru bicara tersebut dapat mengonfirmasi bahwa mereka melaporkan pelanggaran ini ke Kantor Komisaris Informasi dan juga memperlakukannya sebagai insiden serius bagi Portman NHS Foundation Trust.

Seorang juru bicara untuk ICO mengatakan bahwa Tavistock dan Portman NHS Foundation Trust telah memberitahu tentang suatu insiden dan akan menilai informasi yang diberikan. Pada 2016, NHS Trust didenda 180.000 poundsterling setelah pusat kesehatan seksual secara keliru membocorkan rincian hampir 800 pasien yang pernah mengunjungi klinik HIV. Dalam hal ini, klinik 56 Dean Street telah mengirim email grup tanpa menggunakan fungsi BCC, yang mengaburkan penerima lain di milis.

Sumber: BBC

Sumber Foto: NHS