Marak Influencer, Instagram Batasi Pengguna yang Bisa Melihat Produk Penurun Berat Badan

Instagram akan membatasi pengguna di bawah usia 18 tahun untuk melihat posting yang mempromosikan produk penurunan berat badan atau jenis bedah kosmetik sebagai bagian dari kebijakan baru yang menargetkan pemasaran yang dilakukan oleh para influencer yang berkembang pesat dan kontroversial.

Dalam beberapa kasus, posting tentang produk penurun berat badan atau kosmetik dapat dihapus seluruhnya oleh Instagram. Instagram akan menerapkan batasan usia dalam hal di mana posting menyertakan insentif untuk membeli atau disertai dengan harga untuk suatu produk. Perusahaan akan menghapus posting sepenuhnya jika produk terseb ut membuat klaim ajaib tentang diet tertentu atau produk penurunan berat badan, dan terkait dengan penawaran komersial seperti kode diskon.

Pedoman dan kebijakan periklanan Instagram tidak pernah mengizinkan untuk mempromosikan produk-produk ini, menurut sebuah pernyataan dari perusahaan, tetapi pertumbuhan baru-baru ini di antara influencer dan selebriti telah mendorong tindakan tambahan. Kebijakan ini akan memengaruhi Instagram dan Facebook.

Kebijakan yang diperbarui adalah bagian dari usaha Instagram untuk menjadikan Instagram platform yang positif untuk semua orang dan mengurangi tekanan yang kadang-kadang dirasakan pengguna mereka sebagai akibat dari media sosial.

Influencer seperti Kim dan Khloe Kardashian dan Kylie Jenner telah lama menarik kemarahan para kritikus, termasuk aktris Jameela Jamil, karena mempromosikan produk penurunan berat badan. Salah satu tweet Jamil tentang influencer di Instagram yang menjual produk-produk ini, yang berpotensi berbahaya bagi pembeli muda dan seringkali tidak bekerja, menjadi viral di bulan November 2018, membawa lebih banyak perhatian pada masalah ini. Jamil bekerja dengan Instagram dan pakar lainnya untuk membawa perubahan baru ini ke platform Instagram.

Instagram memutuskan untuk menerapkan kebijakan baru tersebut sekarang karena adanya diskusi di sekitar peran media sosial dalam menciptakan tekanan bagi orang-orang untuk melihat atau bertindak dengan cara tertentu. Instagram meminta pengguna mereka yang melihat tentang postingan atau kasus di mana kebijakan baru tersebut dilanggar, untuk melaporkannya ke Instagram.

Sumber: The Verge

Sumber Foto: Instagram