Perusahaan Scam Didenda 600 Ribu Pound

Sebuah perusahaan yang memfasilitasi penipuan langganan telepon telah dikenakan denda 600.000 poundsterling dari pengawas Inggris. Perusahaan tersebut, yaitu Veoo menyediakan platform penagihan dan pengiriman pesan ke perusahaan yang mendaftarkan orang ke layanan berlangganan tanpa sepengetahuan mereka. Delapan perusahaan yang memiliki kontrak dengan Veoo sebelumnya telah dikenai sanksi.

Regulator Phone-paid Services Authority (PSA) telah menyelidiki penipuan tersebut sejak tahun 2017. Perusahaan-perusahaan yang terlibat membebankan konsumen tanpa sadar antara 2,50 hingga 4,50 pound seminggu untuk berlangganan berbagai layanan, termasuk game, video, dan konten dewasa.

Konsumen melaporkan tidak memiliki pengetahuan untuk mendaftar, tetapi mereka akan menerima pesan teks yang bertuliskan FreeMsg: U have subscribed to Comp House competition for £4.50 per month until you send stop to 82225. Kebanyakan orang beranggapan bahwa pesan itu adalah spam dan mengabaikannya.

PSA menerima lebih dari 800 keluhan tentang layanan dan mereka semua didenda karena menagih konsumen tanpa persetujuan. Veoo menghasilkan lebih dari 335.000 pound dari memfasilitasi pengoperasian layanan ini.

Joanne Prowse, kepala eksekutif PSA, mengatakan bahwa kasus tersebut adalah kasus signifikan yang menetapkan preseden penting bagi pasar dan memajukan kepentingan konsumen. PSA menemukan bukti jelas bahwa Veoo secara sadar gagal dalam uji tuntas, penilaian risiko, dan prosedur kontrol, yang memungkinkan terjadinya kerusakan konsumen, dan bahwa hal itu memberikan informasi palsu kepada regulator.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Daily Mail