Google Hapus Game terkait Demonstran Hong Kong

Google telah menghapus satu aplikasi dari toko aplikasi game mobile mereka. Aplikasi tersebut adalah game yang memungkinkan orang bermain peran sebagai pengunjuk rasa Hong Kong. Raksasa teknologi itu mengatakan aplikasi itu melanggar kebijakan pencairan pada konflik dan keputusan itu bukan hasil dari permintaan untuk menghapusnya.

Game berbasis pilihan, Revolution of Our Times, memungkinkan pengguna memainkan peran sebagai demonstran Hong Kong. Seperti demonstran sejati, pemain bisa membeli peralatan pelindung dan senjata, tetapi mereka juga bisa ditangkap dan bahkan diekstradisi ke China.

Protes Hong Kong dimulai pada Juni terhadap proposal yang memungkinkan ekstradisi ke daratan China, langkah yang dikhawatirkan banyak orang akan merusak independensi peradilan kota dan membahayakan para pembangkang. Pemerintah Cina telah mengutuk protes tersebut dan media resmi sering mengkritik perusahaan di luar negeri yang tampaknya mendukung mereka.

Pengunjuk rasa, di sisi lain, telah menargetkan bisnis yang mereka anggap pro-Beijing. Banyak perusahaan khawatir jika menyinggung konsumen China karena itu dapat memengaruhi penjualan di pasar yang besar. Hal ini terutama berlaku untuk industri game. Perusahaan riset pasar permainan Newzoo menempatkan pasar global untuk permainan di 152.1 miliar dollar dengan China dan AS bersama-sama menyumbang hampir setengah dari total itu.

Dalam sebuah pernyataan, Google mengatakan game itu dihapus karena melanggar kebijakan Google Play. Google mencatat bahwa mereka telah menarik aplikasi sebelumnya karena berusaha mengambil untung dari peristiwa penting lainnya seperti gempa bumi, krisis, bunuh diri dan konflik.

Langkah ini dilakukan hanya beberapa hari setelah seorang gamer online dari Hong Kong dikeluarkan dari turnamen internasional untuk permainan Hearthstone karena ia menyatakan dukungannya kepada para pemrotes selama siaran langsung.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Google