Instagram Kenalkan Fitur Restrict untuk Melawan Bullying

Mulai tanggal 2 Oktober 2019 yang lalu, pengguna Instagram dapat melindungi akun mereka dari interaksi yang tidak diinginkan dengan fitur baru bernama Restrict. Menurut Insragram, bullying merupakan masalah yang kompleks dan semua orang mengetahui bahwa anak-anak muda menghadapi online bullying dalam jumlah yang tidak proporsional, tetapi enggan melaporkan atau memblokir teman-teman yang mem-bully mereka. Untuk itulah Instagram memperkenal Restrict yang dirancang untuk memberdayakan pengguna untuk melindungi akun mereka secara diam-diam sambil tetap mengawasi pelaku intimidasi.

Pengguna dapat membatasi seseorang dengan menggesek ke kiri pada kolom komentar, melalui tab Privasi di Pengaturan, atau langsung pada profil akun yang ingin dibatasi.

Setelah Restrict diaktifkan, komentar pada postingan pengguna dari orang yang telah dibatasi hanya akan terlihat oleh orang tersebut. Pengguna dapat memilih untuk melihat komentar dengan mengetuk See Comment, menyetujui komentar sehingga semua orang dapat melihatnya, menhapus atau abaikan saja. Pengguna tidak akan menerima pemberitahuan apa pun untuk komentar dari akun yang dibatasi.

Pesan langsung akan secara otomatis pindah ke Message Request dan pengguna tidak akan menerima pemberitahuan dari akun yang dibatasi. Pengguna masih dapat melihat pesan, tetapi akun yang dibatasi tidak akan dapat melihat ketika pengguna membaca pesan langsungnya atau ketika pengguna aktif di Instagram. Pengguna dapat memilih untuk Unrestrict akun yang sebelumnya telah dibatasi dan pesan mendatang akan langsung masuk ke kotak masuk.

Instagram juga menempatkan kreativitas komunitas sehingga mereka membuat alat yang fleksibel yang memungkinkan anak muda untuk berbicara, menentukan apa yang dapat diterima di komunitas mereka dan menyebarkan kepositifan di Instagram. Baru-baru ini, Instagram meluncurkan stiker Create Don’t Hate di Stories, menyerukan kepada komunitas untuk berbagi bagaimana mereka menggunakan bakat kreatif mereka untuk menghadapi bullying.

Instagram mengatakan bahwa mereka berkomitmen untuk memimpin industri dalam memerangi penindasan online dan akan terus membangun komitmen itu dalam jangka panjang.

Sumber: Instagram

Sumber Foto: Instagram