Instagram Larang Gambar dan Meme Melukai Diri Sendiri

Instagram terus melakukan penindakan terhadap gambar yang menunjukkan konten kekerasan yang diposting pada platformnya, menyusul protes atas kematian remaja Inggris Molly Russell pada 2017. Russell melakukan bunuh diri setelah melihat gambar grafis terkait bunuh diri di Instagram dan Pinterest.

Instagram memperluas larangan konten grafis mencakup kartun dan meme serta foto. Instagram tidak akan lagi mengizinkan penggambaran fiktif tentang melukai diri sendiri atau bunuh diri di Instagram, seperti menggambar atau meme atau konten dari film atau komik yang menggunakan gambar grafis. Instagram  juga akan menghapus citra lain yang mungkin tidak menunjukkan melukai diri sendiri atau bunuh diri, tetapi menyertakan bahan atau metode yang terkait.

Instagram kemudian mengatakan bahwa akun yang berbagi konten bunuh diri dan melukai diri sendiri tidak akan direkomendasikan dalam pencarian atau eksplorasi dan bahwa mereka akan mempromosikan sumber daya pencegahan bunuh diri dari organisasi seperti  Samaritans dan National Suicide Prevention Lifeline.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, hampir 800.000 orang meninggal setiap tahun akibat bunuh diri, dan bunuh diri adalah penyebab kematian nomor dua pada anak muda berusia 15 hingga 29 tahun. Di AS, bunuh diri anak muda telah meningkat 56 persen dalam dekade terakhir. Para ahli menyarankan bahwa platform media sosial dapat membantu membendung gelombang ini dengan memantau akun untuk tanda-tanda pemikiran bunuh diri, menjalankan program kesadaran online dan melatih, baik anak muda maupun orang dewasa untuk mengenali tanda-tanda peringatan di rekan-rekan mereka yang akan melakukan bunuh diri.

Sumber: Engadget

Sumber Foto: Instagram