Ghosty, Aplikasi Penguntit Instagram Dihapus dari Google Play

Ghosty, sebuah aplikasi yang memberi pengguna akses ke profil pribadi pengguna Instagram telah dihapus dari Google Play Store. Langkah itu dilakukan setelah Instagram mengatakan akan mengirim surat kepada pengembang Ghosty agar menghentikan layanan mereka.

Layanan tersebut mengharuskan setiap pengguna untuk memberikannya akses ke profil mereka sendiri, serta untuk mengundang teman-teman mereka di mana setidaknya satu dari mereka juga harus bergabung. Kemudian memberikan akses ke data di akun tersebut serta profil lain yang diikuti oleh pengguna tersebut. Jika anggota memiliki akses ke profil pribadi, ketika mereka bergabung, profil tersebut juga tersedia untuk pengguna Ghosty lainnya. Ini akan mencakup video dan foto yang tidak dapat diakses.

Aplikasi ini membebankan biaya berlangganan dan telah diunduh lebih dari 500.000 kali sejak diluncurkan pada bulan April, menurut firma analisis App Brain. Android Police melaporkan kontroversi aplikasi ini pekan lalu dan menggambarkannya sebagai menciptakan surga penguntit.

Ketentuan penggunaan Instagram menyatakan bahwa pengguna tidak dapat mentransfer aspek apa pun dari akun mereka kepada orang lain. Juru bicara Instagram mengatakan bahwa aplikasi Ghosty melanggar ketentuan Instagram. Instagram akan mengirimkan surat penghentian layanan kepada Ghosty yang memerintahkan mereka untuk segera menghentikan aktivitas mereka di Instagram. Instagram sedang menyelidiki dan merencanakan penegakan lebih lanjut terkait dengan pengembang aplikasi tersebut.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Instagram