Hindari Juice Jacking, Jangan Isi Daya Ponsel/Tablet di Port USB Publik

Kantor Kejaksaan Distrik Los Angeles menerbitkan posting blog awal bulan ini menyarankan warga untuk tidak menggunakan port pengisian USB di tempat-tempat umum seperti bandara dan pusat perbelanjaan karena bisa memberikan peluang kepada peretas untuk menginstal perangkat lunak Juice Jacking yang mengunduh kode berbahaya pada ponsel dan tablet yang terhubung sehingga memberikan pencuri akses ke informasi pribadi.

Menurut mereka, para pelancong atau traveler harus menghindari penggunaan stasiun pengisian daya USB publik di bandara, hotel, dan lokasi lain karena mungkin mengandung malware berbahaya.

Dalam USB Charger Scam yang sering disebut Juice Jacking penjahat memuat malware ke stasiun pengisian daya atau kabel yang mereka tinggalkan terpasang di stasiun sehingga mereka dapat menginfeksi telepon dan perangkat elektronik lainnya dari pengguna yang tidak curiga. Malware dapat mengunci perangkat atau mengekspor data dan kata sandi secara langsung ke scammer.

Kantor Kejaksaan Distrik Los Angeles menyaranakan publik untuk memilih beberapa alternatif pengisian daya sebagai berikut:

  1. Gunakan stopkontak listrik , bukan stasiun pengisian USB.
  2. Bawa selalu charger mobile untuk perangkat saat bepergian.
  3. Pertimbangkan untuk membeli pengisi baterai portabel untuk keadaan darurat.

Sumber: CNet

Sumber Foto: CNet