Pilot Drone Inggris Punya Waktu 25 Hari untuk Mendaftar

Pilot pesawat tak berawak atau drone di Inggris bisa mendaftarkan diri mereka hingga akhir November kepada Otoritas Penerbangan Sipil (Civil Aviation Authority, CAA). Persyaratan wajib untuk mendaftar meliputi pemilik drone atau pesawat model dengan berat lebih dari 250g (8.8oz). Pemilik drone yang tidak terdaftar kemudian dapat menghadapi ancaman denda.

Pada saat yang sama, CAA memulai layanan yang diharapkan akan menyatukan kembali pemiliknya dengan drone yang hilang. Seperempat pemilik drone telah kehilangan pesawat tanpa awak di beberapa titik, menurut penelitian CAA. Sebagian besar drone yang hilang hilang karena kegagalan fungsi dalam penerbangan, termasuk kehilangan daya baterai, kehilangan sinyal atau kegagalan teknologi. Namun seperempat kasus melibatkan pilot yang melakukan kesalahan.

Juru bicara CAA Jonathan Nicholson mengatakan bahwa tujuan platform Drone Reunited untuk menjadi layanan penting bagi komunitas drone, yaotu menjadi tempat panggilan pertama bagi siapa saja yang telah kehilangan, atau menemukan, sebuah drone. CAA mengatakan siapa pun yang mendaftarkan drone mereka akan mendapatkan akses gratis ke layanan yang nantinya akan mengeluarkan setiap perangkat dengan kode identifikasi unik.

Pilot drone yang kehilangan pesawat tak berawak akan dapat merekam kehilangan melalui situs reuni-drone CAA. Siapa pun yang menemukan pesawat tanpa awak yang jatuh dengan nomor ID akan dapat mencarinya di situs dan memberi tahu pemiliknya bahwa ia telah ditemukan.

Untuk mendaftarkan drone dengan berat antara 250 gram dan 20kg dikenakan biaya 9 pound per setahun. Pemilik drone yang terdaftar harus berusia di atas 18 tahun, harus lulus tes online yang menanyai mereka untuk menggunakan perangkat mereka dengan aman. Siapa pun yang ingin menerbangkan drone, termasuk anak-anak, juga harus lulus tes, yang dapat diambil sebanyak yang diperlukan.

Tidak semua pemilik harus mendaftar sebelum 30 November. Pengecualian telah diberikan untuk anggota dari beberapa asosiasi yang terlibat dengan pesawat model terbang atau pesawat kecil lain yang dikendalikan dari jarak jauh seperti drone.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Amazon