Uji Coba Kerja 4 Hari, Produktivitas Melesat 40%

Microsoft menguji coba kerja 4 hari dalam seminggu di kantor mereka di Jepang dan menemukan bahwa karyawan tidak hanya lebih bahagia, tetapi juga secara signifikan lebih produktif. Untuk bulan Agustus, Microsoft Jepang bereksperimen dengan proyek baru yang disebut Work-Life Choice Challenge Summer 2019 dengan memberikan cuti di hari di hari Jumat secara berturut-turut kepada 2.300 karyawan mereka tanpa mengurangi upah.

Microsoft menyimpulkan bahwa minggu yang diperpendek tersebut menyebabkan pertemuan yang lebih efisien, pekerja yang lebih bahagia dan meningkatkan produktivitas sebesar 40%. Sebagai bagian dari program, perusahaan juga telah merencanakan untuk mensubsidi liburan keluarga untuk karyawan hingga 920 dollar AS.

Selain peningkatan produktivitas, karyawan yang mengambil cuti 25% lebih sedikit selama uji coba dan penggunaan listrik turun 23% di kantor dengan tambahan hari libur per minggu. Karyawan mencetak 59% lebih sedikit halaman kertas selama uji coba. Sebagian besar karyawan, yaitu 92% mengatakan mereka menyukai minggu yang lebih singkat.

Eksperimen lain yang diterbitkan oleh Harvard Business Review menunjukkan hari kerja yang lebih pendek, penurunan dari hari kerja rata-rata 8 jam menjadi hari kerja 6 jam, meningkatkan produktivitas. Sebuah survei 2018 terhadap 3.000 karyawan oleh Workforce Institute di Kronos menemukan lebih dari separuh pekerja penuh waktu mengira mereka dapat melakukan pekerjaan mereka dalam lima jam sehari.

Sumber: The Guardian

Sumber Foto: The Business