Upaya Bunuh Diri Dicegah AI

Li Fan, seorang mahasiswa berusia 21 tahun, mencoba bunuh diri setelah memposting pesan singkat di platform Weibo yang mirip Twitter China tepat setelah Hari Valentine. Li Fan terlilit utang, berselisih dengan ibunya dan menderita depresi berat sehingga memutuskan untuk bunuh diri.

Sekitar 8.000 km jauhnya dari universitasnya di Nanjing, apa yang diposting Li Fan tersebut terdeteksi oleh sebuah program yang dijalankan pada komputer di Amsterdam. Program komputer tersebut kemudian menandai postingan tersebut dan mendorong sukarelawan dari berbagai bagian di negara China untuk bertindak (menolong Li Fan).

Ketika mereka tidak dapat membangunkan Li dari jauh, mereka melaporkan keprihatinan mereka kepada polisi setempat, yang akhirnya menyelamatkannya. Peristiwa ini mungkin terdengar luar biasa tetapi ini hanyalah salah satu dari banyak keberhasilan seperti itu bagi tim Tree Hole Rescue.

Pendiri inisiatif ini adalah Huang Zhisheng, seorang peneliti kecerdasan buatan senior (AI) di Free University Amsterdam. Dalam 18 bulan terakhir, programnya telah digunakan oleh 600 sukarelawan di seluruh China yang pada gilirannya mengatakan mereka telah menyelamatkan hampir 700 orang.

Seorang mahasiswa 22 tahun, Tao Yue, di provinsi Shandong, China utara, menulis di Weibo yang dia rencanakan untuk bunuh diri dua hari kemudian. Peng Ling, seorang sukarelawan dari hinese Academy of Sciences China dan beberapa lainnya bereaksi. Peng mengatakan bahwa mereka telah menemukan nomor telepon untuk salah satu teman siswa melalui pos sebelumnya dan meneruskan informasi tersebut ke kampus.

Setelah keberhasilan ini, tim menyelamatkan seorang pria yang mencoba melompat dari jembatan dan menyelamatkan seorang wanita yang mencoba bunuh diri setelah dilecehkan secara seksual. Li Hong, seorang psikolog Beijing mengatakan bahwa penyelamatan membutuhkan keberuntungan dan pengalaman.

Program AI secara otomatis memberi peringkat tulisan yang ditemukannya dari satu menjadi 10. Sembilan berarti ada keyakinan kuat bahwa upaya bunuh diri akan segera dilakukan. Angka 10 berarti kemungkinan sedang berjalan.

Dalam kasus-kasus ini, para sukarelawan mencoba untuk memanggil polisi secara langsung dan / atau menghubungi kerabat dan teman-teman yang terlibat. Tetapi jika peringkatnya di bawah enam, artinya hanya kata-kata negatif yang terdeteksi para relawan biasanya tidak ikut campur.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Daily News