Instagram Minta Tanggal Lahir Pengguna Baru

Instagram akan meminta anggota baru untuk memberikan tanggal lahir mereka saat membuat akun. hal ini karena Instagram merencanakan lebih banyak pengalaman sesuai usia pengguna. Reuters melaporkan bahwa dengan meminta tanggal lahir akan membantu perusahaan untuk menghindari penargetan iklan untuk produk yang dibatasi usia pada anak-anak. Namun Instagram mengatakan bahwa iklan bukanlah penyebab  perubahan tersebut.

Dalam blog-nya Instagram mengatakan bahwa dengan meminta informasi tanggal lahir akan membantu mencegah orang di bawah umur untuk bergabung dengan Instagram, membantu Instagram menjaga orang muda lebih aman dan memungkinkan pengalaman yang lebih sesuai usia secara keseluruhan.

Instagram akan menggunakan informasi ulang tahun yang dibagi pengguna kepada Instagram untuk menciptakan pengalaman yang lebih khusus, seperti pendidikan seputar kontrol akun dan pengaturan privasi yang disarankan untuk kaum muda. Informasi ini akan membantu Instagram menghentikan iklan yang berfokus pada orang dewasa untuk perjudian, alkohol, dan kontrasepsi untuk ditampilkan kepada anak-anak. Instagram mengatakan bahwa dalam beberapa minggu mendatang akan mendorong pengguna muda mereka untuk mengaktifkan lebih banyak pengaturan privasi.

Saat ini, anggota yang ada tidak akan diminta untuk memberikan usia mereka karena Instagram tidak yakin apakah itu akan terlalu mengganggu untuk ditanyakan. Selain itu, jejaring sosial milik Facebook tersebut tidak akan memverifikasi tanggal informasi kelahiran yang diberikan.

Badan amal perlindungan anak NSPCC mengkritisi keinginan Instagram tersebut dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa meminta pengguna untuk memberikan tanggal lahir yang tidak dapat diverifikasi tidak akan punya pengaruh apa pun dalam praktik untuk melindungi anak-anak dari konten berbahaya atau yang tidak pantas menurut umur.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Instagram