Kamera AI akan Tangkap Pengendara yang Texting sambil Mengemudi

Kamera dengan kecerdasan buatan (AI) yang mampu mendeteksi pengemudi yang menggunakan ponsel mereka secara ilegal telah diaktifkan di Australia. Kamera tersebut diluncurkan oleh New South Wales (NSW) Transport pada 1 Desember. Pengemudi yang ditemukan oleh AI selama tiga bulan pertama penggunaannya akan menerima surat peringatan, tetapi setelah itu mereka dapat menghadapi denda.

Sebuah uji coba alat pada paruh pertama 2019 berhasil mendeteksi 100.000 driver menggunakan ponsel (sambil mengemudi) secara ilegal. Jaringan deteksi akan diperluas ke 45 kamera yang dilengkapi AI pada tahun 2023, menurut NSW Transport.

Pihak berwenang mengatakan percaya bahwa sistem deteksi adalah yang pertama di dunia. Sistem ini menggunakan kamera definisi tinggi untuk mengambil foto ruang kabin baris depan kendaraan, dalam semua kondisi cuaca. Setelah periode peringatan tiga bulan, pengemudi yang tertangkap kamera akan menerima poin penalti dan denda  344 dollar Australia atau denda 457 dollar Australia di zona sekolah.

Di Inggris, kepolisian Thames Valley dan Hampshire meluncurkan sistem awal tahun ini yang dapat mendeteksi sinyal ponsel yang berasal dari kendaraan di jalan. Namun, tidak bisa memastikan apakah pengemudi atau penumpang menggunakan telepon dan karenanya tidak digunakan sebagai alat penegakan hukum.

Sumber: BBC

Sumber Foto: Daily News