Which?: Mainan Anak-anak Bisa Diretas

Kelompok konsumen Which? telah menemukan bahwa mainan anak-anak berupa walkie talkie dan dua perangkat karaoke telah terbukti berpotensi diretas. Mainan anak-anak dengan koneksi Bluetooth tersebut telah diuji oleh Which? dan perusahaan keamanan cyber NCC Group. Mereka menemukan orang asing yang berada di dekat anak-anak berpotensi berbicara dengan anak-anak melalui perangkat tersebut.

Vtech perusahaan yang membuat walkie talkie mengatakan koneksi baru tidak dapat dibuat jika perangkat orangtua sudah dipasangkan dengan mainan tersebut. Mereka menambahkan bahwa pemasangan harus dibuat dalam kurun waktu 30 detik.

Which? memeriksa beberapa perangkat yang dijual oleh pengecer termasuk Amazon, Argos, John Lewis dan Smyths, dan mengatakan beberapa perangkat kurang dalam keamanan dasar. Tiga dari tujuh mainan populer diperiksa selama tes ditemukan memiliki kekurangan, yang berarti orang asing dapat  dalam kondisi tertentu berbicara kepada anak-anak melalui perangkat.

Orang asing misalnya dapat menggunakan walkie talkie Vidi KidiGear untuk memasangkan ke perangkat lain yang digunakan oleh seorang anak dari jarak hingga 200 meter. Namun, pemasangan perangkat Bluetooth harus dilakukan dalam jendela 30 detik, saat perangkat anak diaktifkan.

Dalam sebuah pernyataan, Vtech mengatakan pasangan tidak dapat terjadi jika walkie talkie anak sudah ditautkan ke perangkat lain, seperti yang digunakan oleh saudara kandung atau orang tua.

Sumber: BBC

Sumber Foto: News Daily