Bank of England Pertimbangkan untuk Adopsi Cryptocurrency

Bank of England akan mempertimbangkan bagaimana caranya agar Inggris dapat mengadopsi mata uang digital seperti bitcoin sebagai bagian dari kelompok global bank sentral yang telah bergabung bersama untuk memeriksa kemungkinan kelemahan dari uang elektronik.

Pejabat Bank of England akan bertemu dengan Bank of Japan, the European Central Bank (ECB), the Sveriges Riksbank, the Bank of Canada, the Swiss National Bank and the Bank for International Settlements (BIS) untuk mengumpulkan penelitian dan pengalaman untuk central bank digital currency (CBDC).

Langkah ini dilakukan di tengah munculnya mata uang digital sektor swasta, seperti bitcoin dan Libra Facebook, yang akan diluncurkan tahun ini. Rencana Facebook untuk koin libra dan dompet digitalnya telah menarik perhatian regulator dan bank sentral di seluruh dunia. BoE merupakan salah satu bank sentral untuk memperingatkan bahwa Libra perlu diatur.

Gagasan bank sentral mata uang digital semakin banyak diperdebatkan di seluruh dunia untuk membantu meningkatkan sistem pembayaran dan transaksi lintas batas.

Bulan lalu, bank sentral Swedia mengatakan akan menandatangani kesepakatan dengan perusahaan konsultan Accenture untuk membuat platform percontohan untuk mata uang digital, yang dikenal sebagai e-krona. Riksbank telah mengeksplorasi ide mata uang digitalnya sendiri selama beberapa waktu, terutama mengingat penurunan cepat dalam penggunaan uang tunai di Swedia. Bank Sentral Eropa juga telah menyelidiki kemungkinan manfaat CBDC sejak tahun lalu.

Sumber: The Guardian