Facebook Blokir Teknologi Pencucian Otak Spinner

Facebook telah mengeluarkan pemberitahuan untuk segera menghentikan semua kegiatan di Facebook kepada perusahaan Israel yang mengklaim dapat mengubah perilaku orang secara tidak sadar. Spinner demikian nama teknologi tersebut memungut bayaran untuk secara tidak sadar memengaruhi target dengan memaparkannya ke posting online yang disamarkan sebagai konten editorial.

Facebook keberatan dengan start-up tersebut yang menggunakan layanannya untuk mencapai tujuan mereka. Raksasa teknologi Facebook telah melarang perusahaan dan pimpinannya menggunakan Facebook atau Instagram dengan alasan apa pun.

Sebagai tanggapan, salah satu pendiri Spinner dan chief operating officer Elliot Shefler mengatakan bahwa mereka akan terus menjual kampanye online yang ditargetkan dan menolak untuk mengesampingkan penggunaan Facebook di masa depan.

Spinner mengklaim dapat mencuci otak orang yang dicintai untuk berhenti merokok, menurunkan berat badan melakukan lamaran (pernikahan), dan memulai hubungan seks dengan pasangan yang lebih sering dibandingkan dengan pertimbangan untuk melakukan implan payudara. Untuk melakukan ini, Spinner menunjukkan puluhan artikel tentang masalah tersebut ke target selama beberapa bulan melalui internet, termasuk dalam umpan media sosial mereka.

Shefler menunjukkan bahwa Spinner telah membeli slot iklan di Facebook selama lebih dari setahun dan setiap iklannya telah ditinjau dan disetujui.  

Spinner beroperasi dengan mengirimkan tautan ke telepon target. Ketika dibuka, Spinner menempatkan file kecil yang dikenal sebagai cookie pada perangkat target yang memungkinkan mereka untuk diidentifikasi dan diekspos ke artikel yang dibuat khusus dan media lainnya.

Ide ini awalnya diajukan kepada publik melalui situs crowdfunding Indiegogo, tetapi hanya mengumpulkan 192 pound dari target 47.800 pound. Meskipun demikian, perusahaan memutuskan untuk melanjutkan proyek tersebut.

Sumber: BBC