Inggris Perkenalkan Age Appropriate Design Code Baru

Situs media sosial, game online, dan layanan streaming yang digunakan oleh anak-anak harus mematuhi kode privasi baru yang ditetapkan oleh pengawas data Inggris.

Kantor Komisi Informasi, bada regulator privasi data Inggris menerbitkan kode etik baru pada hari Rabu, setelah rancangan yang pertama kali diungkapkan April tahun lalu. Komisi berharap perubahan akan mulai berlaku pada musim gugur 2021, seketika Parlemen Inggris menyetujuinya dengan ancaman denda besar untuk pelanggaran.

Kode ini mencakup daftar 15 standar yang diharapkan dipatuhi oleh perusahaan di balik layanan online untuk melindungi privasi anak-anak. Contoh layanan online yang termasuk adalah mainan yang terhubung ke internet, aplikasi, platform media sosial, game online, situs web pendidikan, dan layanan streaming.

Perusahaan yang mendesain, mengembangkan atau menjalankan produk semacam itu harus memberikan “dasar perlindungan data untuk anak-anak. Standar tersebut juga meliputi pengaturan lokasi yang memungkinkan lokasi anak untuk dibagikan harus dinonaktifkan secara default. Pengaturan privasi diatur ke titik tinggi secara default dan cara-cara untuk mendorong anak-anak mengakali pengaturan tersebut mereka tidak boleh digunakan

Standar baru tersebut mengikuti keprihatinan atas anak-anak muda yang mengalami grooming predator, penyalahgunaan data, perjudian masalah dan akses ke konten yang merusak yang dapat memengaruhi kesehatan mental mereka.

Sumber: BBC