Setelah 3 Tahun, Turki Tak Lagi Blokir Wikipedia

Turki telah memulihkan akses ke Wikipedia setelah larangan yang berlangsung hampir tiga tahun. Mahkamah Konstitusi Turki memutuskan bahwa larangan atau pemblokiran tersebut melanggar kebebasan berekspresi.

Wkipedia online diblokir di Turki pada April 2017, setelah menolak untuk menghapus artikel yang mengkritisi pemerintah Turki. Pemblokiran akses terhadap Wikipedia berlangsung 991 hari.

Wikimedia Foundation, yang menjalankan layanan tersebut, telah menolak untuk menghapus artikel yang mengatakan pemerintah Turki telah bekerja sama dengan kelompok Negara Islam (IS) dan al-Qaeda di Suriah.

Untuk diketahui, tidak semua orang di Turki dapat menelusuri Wikipedia saat ini. Layanan itu mengatakan bahwa larangan akan dicabut secara bertahap dan bahwa beberapa penyedia layanan internet masih dalam proses memulihkan akses.

Reaksi umum di media Turki adalah rasa lega karena pemblokiran telah dicabut hampir sebulan setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan pemblokiran tersebut merupakan pelanggaran kebebasan berekspresi.

Pendiri Wikipedia Jimmy Wales mengatakan bahwa ia berharap ini adalah kemenangan besar untuk kembali ke proses normalisasi untuk kebebasan berbicara di Turki.

Sumber: BBC