The Guardian: Ponsel Jeff Bezos Diretas oleh Putra Mahkota Saudi

Sumber The Guardian mengatakan bahwa ponsel miliarder Amazon, Jeff Bezos diretas pada 2018 setelah menerima pesan WhatsApp yang dikirim dari akun pribadi putra mahkota Arab Saudi. Menurut hasil analisis forensik digital, pesan terenkripsi dari nomor yang digunakan oleh Mohammed bin Salman diyakini telah menyertakan file jahat yang menyusup ke ponsel orang terkaya di dunia, .

Analisis tersebut menemukanbahwa sangat mungkin intrusi ke ponsel Jeff Bezos dipicu oleh file video yang terinfeksi yang dikirim dari akun pewaris Saudi ke Bezos yang juga pemilik The Washington Post.

Kedua orang tersebut dipercaya telah melakukan pertukaran pesan WhatsApp yang tampaknya ramah. Pada 1 Mei 2018 file yang tidak diminta dikirim dari ponsel Mohammed bin Salman ke ponsel Jeff Bezos. Sejumlah besar data dikeluarkan dari telepon Bezos dalam beberapa jam. Namun The Guardian tidak memiliki pengetahuan tentang file apa saja yang diambil dari telepon atau bagaimana file tersebut digunakan.

Pengungkapan ini kemungkinan akan menimbulkan pertanyaan sulit bagi kerajaan Arab Saudi tentang keadaan sekitar bagaimana tabloid AS, National Enquirer bisa mempublikasikan rincian intim tentang kehidupan pribadi Bezos, termasuk pesan teks sembilan bulan kemudian.

Hal ini juga dapat mengarah pada pengawasan baru tentang apa yang dilakukan putra mahkota dan lingkaran dalamnya pada bulan-bulan sebelum pembunuhan Jamal Khashoggi, jurnalis Washington Post yang terbunuh pada Oktober 2018 lima bulan setelah dugaan peretasan ponsel Jeff Bezos.

Sumber: The Guardian