Akun Twitter dan Instagram Facebook diretas

Beberapa akun media sosial milik Facebook untuk sementara diambil alih oleh sekelompok peretas pada Jumat sore, minggu lalu. Grup peretasan OurMine memposting di akun Twitter dan Instagram untuk Facebook dan Messenger dengan pesan,”Even Facebook is hackable“.

Namun sekarang akun media sosial milik Facebook tersebut telah dipulihkan kembali.

OurMine mengklaim serangannya adalah upaya untuk menunjukkan kerentanan cyber. Pada bulan Januari yang lalu, kelompok peretas yang sama juga membajak lebih dari selusin akun untuk tim di Liga Sepak Bola Nasional AS.

Grup tersebut memposting pernyataan di akun Twitter Facebook. “Hi, we are OurMine. Well, even Facebook is hackable but at least their security is better then Twitter.” Hacker tersebut juga membajak akun Facebook di Messeger dan Instagram untuk memposting foto logo OurMine. Situs web Facebook sendiri tidak diretas.

Twitter mengonfirmasi bahwa peretasan terjadi melalui pihak ketiga dan bahwa akun dikunci setelah diberitahu tentang masalah tersebut. Serangan terhadap Facebook tampaknya telah mengikuti peretasan yang serupa pada tim-tim di Liga Sepak Bola Nasional AS. Akun tersebut tampaknya telah diakses melalui platform pihak ketiga, yaitu Khoros.

Khoros adalah platform pemasaran yang dapat digunakan bisnis untuk mengelola komunikasi media sosial mereka. Biasanya platform ini mengelola atau memiliki akses ke kata sandi dan detail login pelanggan mereka.

OurMine adalah grup peretasan yang berbasis di Dubai yang menyerang akun perusahaan dan individu terkenal di masa lalu. Di masa lalu, hacker ini menyusup ke akun media sosial pendiri Twitter Jack Dorsey, CEO Google Sundar Pichai, dan akun perusahaan Netflix dan ESPN

Sumber: BBC