FBI: Penjahat Cyber Untung 3,5 Miliar Dollar AS di Tahun 2019

Penjahat cyber menjaring 3,5 miliar dollar AS dari kejahatan dunia maya yang dilaporkan ke FBI pada tahun 2019. Internet crime complaint centre (IC3) menerima 467.361 keluhan dari individu dan bisnis selama tahun 2019 dan hampir mencapai lima juta kasus sejak mulai terlibat pada tahun 2000.

Phishing dan pemerasan tetap menjadi cara paling populer untuk menipu orang sebab teknik menjadi lebih canggih, membuatnya lebih sulit bagi orang untuk memedakan suatu nyata dari palsu. Hal ini terutama berlaku untuk alamat web dan email yang membodohi orang karena mereka terlihat semakin sah.

Tahun lalu IC3 menerima 13.633 keluhan dari para korban yang disebut penipuan dukungan teknologi, yang melibatkan seorang scammer menelepon seseorang dan mengklaim ada masalah dengan komputer mereka yang perlu segera diperbaiki.

Kerugian berjumlah lebih dari 54 juta dollar AS dan keluhan datang dari para korban di 48 negara. Sebagian besar berusia di atas 60 tahun. Ransomware, di mana peretas mengunci komputer dan meminta pembayaran untuk membuka kunci mereka, menjaring lebih dari 8,9 juta dollar AS sepanjang tahun 2019.

Sumber: BBC