Iseng, Artis Gunakan 99 Ponsel untuk Tipu Google

Seorang seniman yang berasal dari Berlin berhasil membuat kemacetan di salah satu jembatan utama di Spree dengan sebuah kereta tangan dan 99 ponsel bekas. Tetapi satu hal lain yang tidak biasa tentang kemacetan tersebut adalah bahwa hanya terjadi di Google Maps.

Simon Weckert menipu Google Maps dengan melibatkan gerobak merah kecil dan berjalan kaki menyusuri beberapa jalan utama Berlin. Sebanyak 99 ponsel dalam kereta kecil tersebut semuanya melaporkan lokasi mereka dan kembali ke server Google sehingga memberi kesan kepada Google tentang sekelompok besar lalu lintas yang bergerak lambat, yang dilaporkan di Google Maps.

Weckert mengatakan dengan cara tersebut dimungkinkan untuk mengubah jalan hijau (lancar) menjadi merah (macet) yang berdampak pada kondisi offline di mana  Google Maps akan menavigasi mobil pada rute lain untuk menghindari terjebak dalam kemacetan.

Seorang juru bicara Google mengatakan bahwa, baik melalui mobil atau gerobak atau unta, Google senang melihat penggunaan kreatif Google Maps karena membantu untuk membuat peta berfungsi lebih baik dari waktu ke waktu.

Aksi tersebut yang dilakukan hanya beberapa hari sebelum peringatan 15 tahun pendirian Google Maps, hanyalah contoh terbaru dari orang iseng yang memanfaatkan sifat crowdsourced dari banyak pengumpulan data Google.