Aplikasi VPN dan Pemblokir Iklan Diam-diam Panen Data Pengguna

Sensor Tower, platform analitik populer untuk pengembang dan investor teknologi secara diam-diam mengumpulkan data dari jutaan orang yang telah menginstal aplikasi VPN populer dan aplikasi pemblokiran iklan buatan mereka untuk Android dan iOS. Hal ini ditemukan dari penyelidikan yang dilakukan oleh BuzzFeed News. Aplikasi-aplikasi tersebut (ada 20 aplikasi di Android dan iOS) tidak mengungkapkan koneksi mereka ke Sensor Tower atau mengungkapkan bahwa mereka memberikan data pengguna Sensor Tower, memiliki lebih dari 35 juta unduhan.

Sejak 2015, Sensor Tower telah memiliki setidaknya 20 aplikasi Android dan iOS. Empat di antaranya, yaitu  Free and Unlimited VPN, Luna VPN, Mobile Data, dan Adblock Focus baru-baru ini tersedia di Google Play store. Adblock Focus dan Luna VPN ada di App Store Apple. Apple menghapus Adblock Focus dan Google menghapus Mobile Data setelah dihubungi oleh BuzzFeed News. Google mengatakan mereka akan terus menyelidiki hal tersebut.

Setelah diinstal, aplikasi Sensor Tower meminta pengguna untuk menginstal sertifikat root, file kecil yang memungkinkan penerbitnya mengakses semua lalu lintas dan data yang melewati ponsel. Sensor Tower mengatakan bahwa mereka hanya mengumpulkan data penggunaan dan analitik anonim, yang diintegrasikan ke dalam produknya. Platform intelijen aplikasi Sensor Tower digunakan oleh pengembang, pemodal ventura, penerbit, dan lainnya untuk melacak popularitas, tren penggunaan, dan pendapatan aplikasi.

Armando Orozco, seorang analis Android untuk Malwarebytes, mengatakan memberikan hak akses root ke aplikasi membuat pengguna berisiko tinggi.

Dalam kebanyakan kasus, aplikasi tidak lagi tersedia karena dihapus karena pelanggaran kebijakan. Selusin aplikasi Sensor Tower sebelumnya dihapus dari iOS App Store karena pelanggaran, menurut juru bicara Apple. Setelah dihubungi oleh BuzzFeed News, Apple menghapus Adblock Focus dan mengatakan pihaknya terus menyelidiki Luna VPN. Google sedang menyelidiki aplikasi tetapi tidak memberikan berkomentar dengan batas waktu pasti.

Apple dan Google membatasi hak istimewa sertifikat root karena risiko keamanan bagi pengguna. Aplikasi Sensor Tower melewati batasan dengan mendorong pengguna untuk menginstal sertifikat melalui situs web eksternal setelah aplikasi diunduh. Luna VPN, misalnya, menunjukkan pemberitahuan yang menawarkan kemampuan untuk memblokir iklan di YouTube jika pengguna menambahkan ekstensi Adblock, produk SensorTower lainnya. 

Sumber: BuzzFeed