Microsoft Ikut Serta Rubuhkan Jaringan Bot Global

Microsoft mengatakan mereka merupakan bagian dari tim yang membongkar jaringan bot zombie internasional. Jaringan bot tersebut disebut Necurs yang menginfeksi lebih dari sembilan juta komputer dan salah satu botnet terbesar di dunia. Necurs bertanggung jawab atas beberapa penipuan kriminal termasuk mencuri informasi pribadi dan mengirim email farmasi palsu.

Penjahat dunia maya menggunakan botnet untuk mengambil perangkat dari jarak jauh yang terhubung internet dan menginstal perangkat lunak berbahaya. Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk mengirim spam, mengumpulkan informasi tentang aktivitas apa yang digunakan komputer atau menghapus informasi tanpa memberi tahu pemiliknya.

Tom Burt, wakil presiden Microsoft untuk keamanan dan kepercayaan pelanggan, mengatakan dalam sebuah posting blog bahwa penghapusan Necurs adalah hasil dari delapan tahun perencanaan dan koordinasi dengan mitra di 35 negara.

Botnet adalah jaringan perangkat yang terhubung ke internet yang menjalankan tugas otomatis. Penjahat dunia maya menggunakan jaringan ini untuk mengirimkan perangkat lunak berbahaya yang disebut malware, yang dapat memberi mereka akses jarak jauh ke komputer. Seketika malware berada di tempatnya di komputer, para penjahat ini dapat mengambil informasi dari komputer atau menggunakan perangkat yang terinfeksi untuk mengirim lebih banyak serangan atau spam. Setelah perangkat terinfeksi kemudian digunakan untuk mengirim lebih banyak serangan spam atau malware sehingga dikenal sebagai zombie.

Sumber: BBC