Pemerintah Inggris Berantas Berita Palsu tentang Virus Corona

Pemerintah Inggris tengah berusaha memberantas informasi yang salah tentang pandemi coronavirus. Unit tanggapan cepat di Cabinet Office bekerja dengan perusahaan media sosial untuk menghapus berita palsu dan konten berbahaya.

Sekretaris Kebudayaan Oliver Dowden mengatakan tindakan diperlukan untuk membendung penyebaran kebohongan dan desas-desus, yang dapat menelan korban jiwa. Unit spesialis menangani sebanyak 10 insiden setiap harinya. Unit ini akan mencoba untuk mengatasi berbagai masalah online, seperti pakar palsu yang mengeluarkan informasi medis palsu dan penjahat yang melakukan penipuan phishing.

Selasa lalu, misalnya, beberapa jam setelah pemerintah mulai mengirim SMS yang mendesak orang untuk tinggal di rumah, beberapa versi palsu dari pesan itu mulai beredar di media sosial. Salah satu dari mereka memberi tahu orang-orang bahwa mereka didenda karena melanggar aturan.

Dowden menambahkan bahwa pemerintah membutuhkan orang untuk mengikuti saran ahli medis dan tinggal di rumah, melindungi NHS dan menyelamatkan nyawa. Menurutnya sangat penting bahwa pesan tersebut sampai di rumah dan bahwa informasi yang salah dan disinformasi yang merongrong dihancurkan dengan cepat.

Pemerintah juga meluncurkan kembali kampanye yang disebut Don’t Feed the Beast yang mendesak masyarakat untuk berpikir hati-hati tentang apa yang mereka bagikan secara online.

Sumber: BBC