Pembajakan Streaming Meningkat Tiga Kali Lipat Selama Lock Down

Internet Sehat: Film-film yang baru dirilis telah diunduh secara ilegal dalam jumlah besar sejak tindakan lock down diberlakukan di Inggris. Menurut Fact, organisasi perlindungan kekayaan intelektual Inggris, secara total tautan ke situs streaming ilegal meningkat dua kali lipat antara bulan Februari dan April. Khusus untuk beberapa film yang baru-baru ini dirilis, mengalami peningkatan 3 kali lipat.

Kieron Sharp, kepala eksekutif Fact, mengatakan bahwa hal tersebut tidak mengejutkan. Menurutnya, penting untuk diingat bahwa satu-satunya cara legal menonton film adalah melalui penyedia resmi. Setiap tautan bajakan yang dideteksi menyangkal pemegang hak pendapatan yang berhak mereka dapatkan, dan juga mengancam investasi dalam konten masa depan.

Fact tidak menyebutkan film-film yang telah mengalami lonjakan tertentu dalam streaming, tetapi mendorong orang untuk melaporkan sumber ilegal yang mereka temui kepada Crimestoppers.

Temuan yang sama dinyatakan oleh Muso beberapa waktu yang lalu. Perusahaan pelacak pembajakan Muso menemukan lalu lintas ke streaming ilegal dan situs unduhan naik hampir 60% selama bulan Maret. Muso mencatat lebih dari 300 juta kunjungan ke situs pembajakan di Inggris, dan lebih dari satu miliar di AS.

Film pemenang Oscar Parasite mengalami peningkatan permintaan 240% di situs streaming ilegal pada awal pandemi. Film tahun 2011, Contagion yang bercerita tentang wabah virus, mengalami peningkatan kunjungan pembajakan sebesar 151%.

Pembajakan merupakan aksi ilegal yang tidak boleh dilakukan. Pelakunya bisa saja dihukum penjara. Praktek Internet Sehat juga tidak menyarakan penggunaan konten bajakan. Karena selain melanggar pemilik hak, juga sering didomplengi oleh berbagai hal berbahaya, seperti malware dan virus.

Sumber: BBC