Selain dari empat cara yang telah disebutkan sebelumnya, Facebook menawarkan pemasar opsi untuk menargetkan iklan menurut data yang dikumpulkan oleh perusahaan-perusahaan seperti Experian, Acxiom dan Epsilon, yang memiliki data historis yang dikumpulkan dari upaya offline. Perusahaan-perusahaan tersebut membangun diri mereka selama beberapa periode dari mengumpulkan data dari pemerintah dan masyarakat, kontes konsumen, jaminan dan survei, dan sumber-sumber komersial swasta, seperti catatan pembelian kartu loyalitas atau daftar langganan majalah. Apa pun yang mereka kumpulkan dari upaya-upayah tersebut juga dapat dimasukkan ke dalam model untuk menarik kesimpulan lebih lanjut, seperti apakah pengguna cenderung menjadi investor atau membeli bahan organik untuk anak-anak.
Ketika dikombinasikan dengan informasi yang telah diberikan Facebook, melalui profil dan klik pengguna, terjadilah apa yang disebut sebagai profil konsumen paling lengkap di bumi, profil tersebut tidak hanya dari aktivitas di Facebook, tetapi perilaku pengguna di tempat lain di online (dan offline).
Dengan menyusun semua informasi tersebut, Facebook bisa membuat kesimpulan tentang apakah pengguna akan segera menjadi orang tua, menikah, kerja di luar negeri, atau berniat untuk membeli kendaraan. Kemudian Facebook menjual pengguna sebagai target bagi pengiklan. Asumsi Facebook terhadap pengguna ini tentu saja tidak selalu benar, tetapi hal tersebut tidak masalah. Facebook membangun kerajaan bisnis senilai 355 miliar dollar AS hampir sepenuhnya pada informasi yang diberikan oleh pengguna tersebut.
Berikut ini informasi yang dikumpulkan oleh Facebook dari penggunanya.
- Lokasi
- Usia
- Generasi
- Jenis kelamin
- Bahasa
- Tingkat Pendidikan
- Bidang studi
- Sekolah
- Etnis
- Pendapatan dan kekayaan bersih
- Kepemilikan dan jenis rumah
- Nilai rumah
- Ukuran properti
- Ukuran luas rumah
- Tahun rumah dibangun
- Komposisi rumah tangga
- Pengguna yang akan ulang dalam waktu 30 hari ke depan
- Pengguna yang berada jauh dari keluarga atau kampung halaman
- Pengguna yang berteman dengan seseorang yang telah ulang tahun, baru saja menikah atau bertunangan, baru saja pindah, atau memiliki ulang tahun yang akan datang
- Pengguna yang berada dalam hubungan jarak jauh
- Pengguna yang berada dalam hubungan baru
- Pengguna yang memiliki pekerjaan baru
- Pengguna yang baru bertunangan
- Pengguna yang baru menikah
- Pengguna yang baru-baru ini pindah (tempat)
- Pengguna yang segera akan berulang tahun
- Orangtua
- calon orang tua
- Ibu, dibagi dalam beberapa tipe
- Pengguna yang kemungkinan terlibat dalam politik
- Konservatif dan liberal
- Status hubungan
- Majikan
- Industri
- Jabatan
- Jenis kantor
- Minat
- Pengguna yang memiliki sepeda motor
- Pengguna yang berencana untuk membeli mobil (dan jenis/merek mobil, dan seberapa cepat)
- Pengguna yang membeli onderdil atau aksesoris baru
- Pengguna yang mungkin membutuhkan suku cadang mobil atau jasa suku cadang mobil
- Gaya dan merek mobil yang dikendarai
- Tahun mobil dibeli
- Usia mobil
- Banyaknya uang yang mungkin dibelanjakan pengguna untuk membeli mobil berikutnya
- Di mana pengguna cenderung membeli mobil berikutnya
- Berapa banyak karyawan perusahaan yang dimiliki pengguna
- Pengguna yang memiliki usaha kecil
- Pengguna yang bekerja di manajemen atau eksekutif
- Pengguna yang menyumbang untuk amal (dibagi berdasarkan jenis)
- Sistem operasi
- Pengguna yang bermain game canvas
- Pengguna yang memiliki konsol game
- Pengguna yang telah membuat event di Facebook
- Pengguna yang telah menggunakan Facebook Payment
- Pengguna yang telah berbelanja di atas rata-rata dengan Facebook Payment
- Pengguna yang mengelola halaman Facebook
- Pengguna yang baru saja upload foto ke Facebook
- Internet browser
- Layanan email
- Pengadopsi awal/akhir teknologi
- Ekspatriat (dibagi menurut asal negara)
- Pengguna yang miliki kredit, perbankan nasional atau bank daerah
- Pengguna yang menjadi investor (dibagi berdasarkan jenis investasi)
- Jumlah batas kredit
- Pengguna yang merupakan pengguna kartu kredit aktif
- Tipe kartu kredit
- Pengguna yang memiliki kartu debit
- Pengguna yang memperhitungkan keseimbangan pada kartu kredit mereka
- Pengguna yang mendengarkan radio
- Preferensi dalam acara TV
- Pengguna yang menggunakan perangkat mobile (dibagi dengan merek apa yang mereka gunakan)
- Jenis koneksi internet
- Pengguna yang baru saja memperoleh smartphone atau tablet
- Pengguna yang mengakses internet melalui smartphone atau tablet
- Pengguna yang menggunakan kupon
- Jenis pakaian yang dibeli rumah pengguna
- Tahun di mana rumah tangga melakukan pembelian terbanyak
- Pengguna yang banyak membeli bir, anggur atau spirit
- Pengguna yang membeli bahan makanan (dan apa jenis makanan tersebut)
- Pengguna yang membeli produk kecantikan
- Pengguna yang membeli obat alergi, batuk/obat flu, produk penghilang rasa sakit, dan obat-obatan tanpa resep lainnya
- Pengguna yang membelanjakan uang untuk produk rumah tangga
- Pengguna yang membelanjakan uang untuk produk anak-anak atau hewan peliharaan, dan apa jenis hewan peliharaan tersebut
- Pengguna rumah tangga yang melakukan pembelian di atas ratas-rata
- Pengguna yang cenderung berbelanja online (atau offline)
- Jenis restoran tempat makan pengguna
- Jenis toko tempat pengguna berbelanja
- Pengguna yang mau menerima tawaran dari perusahaan yang menawarkan asuransi mobil online, pendidikan tinggi atau hipotek, dan kartu debit TV prabayar/satelit
- Lamanya waktu pengguna menempati rumah
- Pengguna yang mungkin segera pindah
- Pengguna yang tertarik terhadapOlimpiade, sepak bola, kriket atau Ramadan
- Pengguna yang sering bepergian, untuk bekerja atau kesenangan
- Pengguna yang pergi-pulang untuk bekerja
- Jenis Liburan yang cenderung dipilih pengguna
- Pengguna yang baru saja kembali dari perjalanan
- Pengguna yang baru-baru ini menggunakan aplikasi perjalanan
- Pengguna yang berpartisipasi dalam timeshare
Sumber: The Washington Post