Privasi & Data Pribadi

Afrika : Beli Ponsel Murah Dapat Malware

Internet Sehat : Konsumen ponsel di Afrika dihantui oleh malware yang mendaftarkan pengguna ke layanan berlangganan tanpa izin mereka yang ditemukan di ribuan ponsel yang dijual di Afrika.

Perusahaan anti-penipuan Upstream menemukan kode berbahaya pada 53.000 handset Tecno, yang dijual di Ethiopia, Kamerun, Mesir, Ghana, dan Afrika Selatan. Pabrikan Transsion memberi tahu Buzzfeed bahwa malware tersebut dipasang di rantai pasokan tanpa sepengetahuan mereka.

Geoffrey Cleaves dari Upstream mengatakan bahwa fakta malware datang dengan cara pra installed di handset yang dibeli dalam jumlah jutaan oleh rumah tangga berpenghasilan rendah biasanya memberi tahu tentang apa yang dihadapi industri saat ini.

Malware Triada yang ditemukan oleh perusahaan di smartphone Android memasang kode berbahaya yang dikenal sebagai xHelper yang kemudian menemukan layanan berlangganan dan mengirimkan permintaan palsu atas nama pengguna, melakukannya tanpa terlihat dan tanpa sepengetahuan pengguna. Jika permintaan berhasil, malware ini akan memakan airtime prabayar, satu-satunya cara untuk membayar layanan digital di banyak negara berkembang.

Secara total, Upstream menemukan apa yang digambarkannya sebagai aktivitas mencurigakan di lebih dari 200.000 ponsel cerdas Tecno. Menurut firma riset IDC, Transsion Holdings adalah salah satu produsen ponsel terkemuka di China dan di Afrika mereka merupakan produsen ponsel terlaris.

Pada awal tahun ini, perusahaan keamanan Malwarebytes memperingatkan bahwa aplikasi pra-instal serupa ditemukan di ponsel Android China lainnya – UMX U686CL. Handset ini ditawarkan kepada keluarga berpenghasilan rendah di AS melalui skema pemerintah.

Pada 2016, peneliti Ryan Johnson menemukan bahwa lebih dari 700 juta smartphone Android telah menginstal malware. Google, yang mengembangkan sistem operasi Android, menyadari masalah tersebut. Dalam sebuah blog yang ditulis tahun lalu, mereka menyalahkan vendor pihak ketiga, yang digunakan oleh produsen untuk menginstal fitur seperti face unlock, untuk pra-instal malware Triada.

Sumber : BBC

Sumber Foto : iStock via Tirto

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.