Literasi Digital

Akibat Serangan Cyber, Terpaksa Pakai Pena dan Kertas

Lebih dari 135.000 penduduk Inggris tak bisa mengakses layanan publik online selama hampir seminggu, karena Cleveland Borough Council berjuang melawan serangan cyber. Situs web Redcar dan Cleveland Borough Council dan semua komputer di pihak berwenang diserang pada hari Sabtu minggu lalu.

Seorang pakar keamanan cyber mengatakan bahwa insiden tersebut memiliki semua ciri serangan ransomware, di mana file-file diacak hingga tebusan dibayarkan. Tetapi dewan kota menolak untuk mengkonfirmasi sifat peretasan.

Pemesanan janji temu online, dokumen perencanaan, saran perawatan sosial dan sistem keluhan perumahan dari dewan kota hanyalah beberapa layanan yang offline. Sebuah tim ahli dari National Cyber ​​Security Center (NCSC) Inggris telah berada di lokasi sejak serangan dunia maya, yang berlangsung pukul 11 ​​siang hari Sabtu minggu lalu.

NCSC mengatakan bahwa mereka mengetahui insiden cyber yang memengaruhi Redcar dan Cleveland Borough Council. Pimpinan Cleveland Borough Council Mary Lanigan, mengatakan bahwa komputer telah dimatikan dan sistem sedang dibangun kembali.

 Situs web untuk pembayaran pajak masih terbuka dan Cleveland Borough Council mengatakan layanan garis depan terus berlanjut, dengan staf menggunakan pena dan kertas. Cleveland Borough Council mengatakan sedang memperbarui wajib pajak menggunakan Facebook dan Twitter.

Cleveland Borough Council dan NCA menolak mengatakan apakah peretasan tersebut merupakan serangan ransomware. Serangan ransomware adalah salah satu bentuk serangan dunia maya yang paling banyak dan mahal, di mana peretas mengambil kendali atas sistem komputer organisasi dan mengacak informasi mereka sampai tebusan dibayarkan.

Sumber: BBC

Similar Posts