Literasi Digital

Akun Media Sosial Palsu Ilegal di Inggris

17url6di0zadhjpg

Perang yang sudah berlangsung lama di internet melawan pengguna akun palsu banyak disebabkan oleh platform yang didanai oleh iklan seperti Facebook perlu mengetahui siapa pengguna sebenarnya sehingga mereka bisa memberikan iklan yang lebih tepat. Namun kini perang melawan pengguna akun palsu tersebut sedikit memperoleh angin karena keterlibatan kepolisian.

Hal ini karena orang tidak bisa dipercaya untuk menjadi baik secara online dan semakin meningkatnya penggunaan platform sosial untuk hal-hal seperti balas dendam porno dan pelecehan, terutama dalam kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan yang sering dilakukan oleh pengguna akun palsu.

Untuk menghadapi hal tersebut Crown Prosecution Service (CPS) Inggris yang mempelajari kasus kriminal di Inggris, baru saja menerbitkan pedoman baru untuk mencoba untuk memastikan polisi mengetahui potensi internet digunakan dengan cara-cara tersebut.

Setelah sejumlah perubahan dalam aturan hukum, pengaturan akun palsu atau website atas nama korban, atau menggunakan hal-hal seperti GPS untuk melacak gerakan mereka, akan segera disikapi serius seperti layaknya kegiatan kriminal lainnya. Namun CPS akan melakukan konsultasi lebih dari 10 minggu terlebih dahulu untuk melihat apakah ini adalah sesuatu yang perlu dilakukan.

Masih ada beberapa kekhawatiran dari beberapa kelompok yang rentan sehingga memaksa orang untuk menggunakan nama asli mungkin membuat mereka benar-benar lebih terbuka untuk penyalahgunaan. Namun demikian, layaknya dunia lain, semestinya tidak ada yang disembunyikan di internet.

Sumber: The Next Web

Sumber Foto: Gawker

Similar Posts