Literasi Digital

Amazon Ancam Pecat Karyawan yang Berbicara tentang Krisis Iklim

Karyawan Amazon mengungkapkan bahwa Amazon telah mengancam akan memecat karyawan karena berbicara secara terbuka tentang peran perusahaan dalam krisis iklim.

E-mail yang dibagikan kepada Guardian menunjukkan departemen sumber daya manusia Amazon meluncurkan investigasi ke seorang karyawan, Maren Costa, atas komentar yang dibuatnya kepada media yang meminta perusahaan untuk berbuat lebih banyak untuk mengatasi krisis iklim.

Dalam email tersebut, Costa diberitahu bahwa dia tidak akan menghadapi hukuman pada saat ini, tetapi bahwa setiap komentar di masa depan yang tidak sah  dan dapat mengakibatkan tindakan korektif formal, untuk dan termasuk pemutusan hubungan kerja dengan Amazon.

Sekelompok karyawan Amazon yang bersatu untuk menyerukan aksi iklim yang lebih kuat oleh perusahaan mengatakan beberapa anggota telah ditanyai oleh perwakilan hukum dan SDM tentang komentar publik mereka. Beberapa menerima email tindak lanjut yang mirip dengan Costa yang mengancam pemecatan karena berbicara di masa depan.

Costa mengatakan empat karyawan telah diinterogasi dan dua diancam akan diberhentikan jika mereka terus berbicara tentang peran Amazon dalam krisis iklim tanpa meminta persetujuan. Costa yang bekerja sebagai user experience principal designer mengatakan bahwa ia merasa takut dipanggil ke rapat seperti itu, dan kemudian diberi email lanjutan yang mengatakan bahwa jika ia terus berbicara, ia bisa dipecat.

Menurut Amazon, mereka mulai memperbarui kebijakan komunikasi eksternal untuk staf pada musim semi tahun lalu. Dikatakan itu tidak ditujukan untuk kelompok karyawan tertentu.

Seorang juru bicara Amazon mengatakan bahwa kebijakan mengenai komunikasi eksternal bukanlah hal baru dan mirip dengan perusahaan besar lainnya. Amazon baru-baru ini memperbarui kebijakan dan proses persetujuan terkait untuk memudahkan karyawan untuk berpartisipasi dalam kegiatan eksternal seperti pidato, wawancara media, dan penggunaan logo perusahaan.

Ancaman Amazon terhadap Costa dan karyawan lain terjadi setelah mengumumkan janji iklim pada bulan September. Dalam rencana tersebut Amazon berkomitmen untuk menggunakan energi terbarukan 100% pada tahun 2030, sebelum menjadi karbon netral pada tahun 2040. Untuk membantu mencapai hal ini, Amazon telah memesan 100.000 kendaraan pengiriman listrik sepenuhnya untuk armada.

Sumber: The Guardian

Sumbe Foto: Amazon

Similar Posts