Amazon Hapus Parler dari Layanan Web Hosting

Amazon Hapus Parler dari Layanan Web Hosting

Internet Sehat : Amazon menghapus jaringan sosial kebebasan berbicara Parler dari layanan hosting web-nya karena melanggar aturan. Jika Parler gagal menemukan layanan hosting web baru pada hari Minggu malam (waktu Amerika), maka seluruh jaringannya akan offline.

Parler menganggap dirinya sebagai media sosial yang tidak memihak dan telah terbukti populer bagi mereka yang sebelumnya telah dilarang atau dihapus akunnya oleh Twitter.

Amazon memberi tahu Parler bahwa mereka telah menemukan 98 posting di situs Parler yang mendorong kekerasan. Sebelumnya, Apple dan Google telah menghapus aplikasi Parler dari toko aplikasi mereka.

Parler diluncurkan pada 2018 dan terbukti sangat populer di kalangan pendukung Presiden AS Donald Trump dan kelompok konservatif sayap kanan. Kelompok semacam itu sering menuduh Twitter dan Facebook menyensor pandangan mereka secara tidak adil.

Meskipun Trump sendiri bukan pengguna, platform tersebut sudah menampilkan beberapa kontributor terkenal menyusul lonjakan pertumbuhan sebelumnya pada tahun 2020. Senator Texas Ted Cruz memiliki 4,9 juta pengikut di platform tersebut, sementara pembawa acara Fox News Sean Hannity memiliki sekitar tujuh juta pengikut.

Langkah tersebut dilakukan setelah Apple menangguhkan Parler dari toko aplikasinya. Penangguhan akan tetap berlaku selama jaringan terus menyebarkan postingan yang menghasut kekerasan.

Menanggapi langkah Google sebelumnya, kepala eksekutif Parler John Matze mengatakan bahwa mereka tidak akan menyerah pada perusahaan yang bermotivasi politik dan orang-orang otoriter yang membenci kebebasan berbicara. Dia juga memperingatkan bahwa Parler bisa offline hingga seminggu sementara mereka membangun kembali dari awal.

Parler sempat menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh di Amerika Serikat setelah pemilu AS, menyusul tindakan keras terhadap penyebaran informasi yang keliru pemilu oleh Twitter dan Facebook.

Dalam surat yang diperoleh CNN, tim AWS Trust and Safety Amazon memberi tahu Kepala Petugas Kebijakan Parler Amy Peikoff bahwa jaringan sosial tidak memiliki proses yang efektif untuk mematuhi persyaratan layanan AWS.

AWS menyediakan teknologi dan layanan kepada pelanggan di seluruh spektrum politik dan terus menghormati hak Parler untuk menentukan sendiri konten apa yang akan diizinkan di situsnya.

Namun AWS tidak dapat memberikan layanan kepada pelanggan yang tidak dapat secara efektif mengidentifikasi dan menghapus konten yang mendorong atau menghasut kekerasan terhadap orang lain.

Sumber : BBC

Sumber Foto : Medium

Belajar Privasi di Galeri Privasi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.