Literasi Digital

Aplikasi Kencan Grindr Hapus Filter Etnis

Interner Sehat: Aplikasi kencan Grindr mengatakan akan menghapus filter etnis dari versi aplikasi berikutnya, setelah bertahun-tahun mendapat kritik dari penggunanya.

Aplikasi ini saat ini memungkinkan orang menyaring kesesuaian potensial berdasarkan usia, tinggi badan, berat badan, dan etnis mereka. Tetapi para kritikus mengatakan filter etnis memicu diskriminasi dan aplikasi tersebut tidak berupaya keras untuk mengatasi rasisme.

Saat mengumumkan perubahan tersebut, Grindr mengatakan mereka memiliki kebijakan tanpa toleransi untuk rasisme dan kebencian pada platformnya.

Selama bertahun-tahun, orang-orang kulit berwarna LGBT menandai filter etnis sebagai masalah, tetapi mereka tidak menerima tanggapan dari Grindr. Banyak dari mereka  bahkan diblokir oleh Grindr.

Grindr bukan satu-satunya aplikasi kencan LGBT yang memungkinkan penyaringan berdasarkan ras. Sorotan sekarang akan pindah ke orang lain yang belum mengambil sikap yang sama.

Isu etnis merupakan hal yang krusial di internet. Orang sangat mudah jatuh dalam kebencian etnis karena berbagai hal dan dalam skala besar bisa menyebabkan berbagai masalah offline. Sudah saatnya setiap layanan memberikan perlindungan yang layak untuk isu ini. Seseorang tidak boleh dikecualikan hanya karena alasan etnis. Penghargaan yang tinggi terhadap etnis ini merupakan bagian dari kesetaraan yang didorong oleh praktik Internet Sehat.

Sumber: BBC

Similar Posts