Literasi Digital Virus Corona

Apple dan Google Kerja Sama Atasi Virus Corona

Apple dan Google bersama-sama mengembangkan teknologi untuk memperingatkan publik jika mereka baru saja berhubungan dengan orang lain yang ditemukan terinfeksi virus corona.

Pada awalnya Apple dan Google berencana hanya untuk membantu aplikasi pelacakan kontak pihak ketiga berjalan secara efisien. Tetapi pada akhirnya, mereka bertujuan untuk menghilangkan kebutuhan untuk mengunduh aplikasi khusus untuk mendorong praktik tersebut.

Kedua perusahaan percaya bahwa pendekatan mereka yang dirancang untuk menjaga pengguna yang partisipasinya bersifat sukarela, anonim bisa mengatasi masalah privasi. Metode pelacakan kontak Apple dan Google akan bekerja dengan menggunakan sinyal Bluetooth smartphone untuk menentukan kepada siapa pemilik smartphone baru-baru ini berada dalam jarak yang cukup lama untuk membuat risiko penularan.

Jika salah satu dari orang-orang itu kemudian dinyatakan positif virus Covid-19, sebuah peringatan akan dikirimkan kepada pemilik handset yang asli. Dalam hal ini tidak ada data lokasi GPS atau informasi pribadi yang akan direkam.

Menurut Apple dan Google, privasi, transparansi, dan persetujuan sangat penting dalam upaya ini dan mereka berharap dapat membangun fungsionalitas ini dengan berkonsultasi dengan para pemangku kepentingan yang tertarik. Apple dan Google juga akan secara terbuka mempublikasikan informasi tentang pekerjaan mereka untuk dianalisis orang lain.

Beberapa negara, termasuk Singapura, Israel, Korea Selatan dan Polandia – sudah menggunakan ponsel untuk mengeluarkan peringatan penularan virus corona. Otoritas kesehatan lainnya, termasuk Inggris, Prancis dan Jerman bekerja atas inisiatif sendiri dan beberapa pemerintah kota di AS dilaporkan akan mengadopsi aplikasi pihak ketiga.

Kedua raksasa teknologi bertujuan untuk membawa koherensi pada semua ini dengan memungkinkan aplikasi pihak ketiga yang sudah ada dipasang untuk memasukkan solusi mereka.

Hal ini akan membuat aplikasi bisa dioperasikan sehingga pelacakan kontak akan terus berfungsi ketika orang bepergian ke luar negeri dan melakukan kontak dengan orang-orang menggunakan alat yang berbeda.

Sumber: BBC

Similar Posts