Literasi Digital

Apple Didenda karena Memperlambat iPhone Model Lama

Apple telah didenda 25 juta euro karena secara sengaja memperlambat model iPhone lama tanpa menjelaskannya kepada konsumen. Denda tersebut diberlakukan oleh badan kompetisi dan pengawas penipuan Prancis, DGCCRF yang mengatakan konsumen tidak diperingatkan sebelumnya.

Pada 2017 yang lalu Apple mengkonfirmasi bahwa mereka memperlambat beberapa iPhone, tetapi hal tersebut dilakukan untuk memperpanjang umur perangkat. Apple mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah menyelesaikan masalah dengan pengawas Prancis tersebut.

Banyak pelanggan sudah lama curiga bahwa Apple memperlambat iPhone lama untuk mendorong orang memperbarui ketika perangkat iPhone baru dirilis. Pada 2017, perusahaan mengonfirmasi bahwa mereka memperlambat beberapa model seiring bertambahnya usia, tetapi tidak mendorong pengguna untuk melakukan upgrade.

Praktik ini dikonfirmasi setelah seorang pelanggan berbagi tes kinerja di Reddit yang menunjukkan bahwa iPhone 6S mereka telah mengalami perlambatan secara signifikan karena sudah menua, tetapi tiba-tiba dipercepat lagi setelah baterai diganti.

Pengawas Perancis mengatakan pemilik iPhone tidak diberitahu bahwa menginstal pembaruan iOS (10.2.1 dan 11.2) dapat memperlambat perangkat mereka. Sebagai bagian dari perjanjian, Apple harus menampilkan pemberitahuan di situs web berbahasa Perancis selama sebulan.

Sumber: BBC

Similar Posts