Literasi Digital

Apple Larang Penjahat Pakai iPhone di Film

Sutradara film Rian Johnson telah mengatakan bahwa Apple tidak akan membiarkan perangkat mereka digunakan oleh karakter jahat di layar (film). Menurut Johnson, Apple membiarkan orang menggunakan iPhone dalam film, tetapi orang jahat (aktor yang memainkan peran jahat) tidak dapat memiliki iPhone di kamera.

Apple telah lama memupuk citra merek yang rapi dan secara ketat mengontrol bagaimana produk-produknya digunakan pada layar besar dan kecil. Sebuah artikel dari Wired sejak 2002 menunjukkan bahwa semua orang baik di film thriller yang panjang, 24  menggunakan Mac, sementara semua penjahat terlihat menggunakan PC berbasis Windows.

Menurut situs MacRumors, pedoman menyarankan bahwa ponsel Apple, komputer, dan peralatan lain yang menggunakan merek dagang Apple harus dilihat dengan cara terbaik, dengan cara atau konteks yang mencerminkan produk Apple dan Apple Inc.

Meskipun ada ketentuan yang ketat, Apple berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dengan eksposur yang mewah pada layar besar dan kecil. Pelacak merek, Concave menamai Apple sebagai merek teratas dalam film pada tahun 2018. Concave menemukan bahwa lebih dari 13 menit waktu tayang untuk Apple di musim kedua Big Little Lies, drama kelas atas HBO yang dibintangi oleh Nicole Kidman, Reese Witherspoon dan Meryl Streep. Ponsel, laptop, tablet, komputer, dan jam tangan pintar Apple, semuanya terlihat dalam serial tersebut.

Apple tak sendirian dalam mencoba mendikte jenis konten dan karakter yang bersedia dikaitkan dengan merek mereka. Darryl Collis, direktur spesialis penempatan produk Seesaw Media mengatakan bahwa semua merek memiliki ketentuan tentang bagaimana mereka ingin digunakan dan dilihat di layar.  Mennurutnya adalah umum bagi beberapa merek untuk tidak ingin dikaitkan dengan orang jahat atau merek alkohol atau mobil untuk tidak ingin dikaitkan dengan karakter yang mabuk atau melibatkan tabrakan.

Analis PQ Media memperkirakan bahwa pendapatan penempatan produk mencapai 11,44 miliar dollar AS tahun lalu karena merek mengeluarkan jumlah besar untuk menjangkau khalayak.

Sumber: The Guardian

Similar Posts