Apple Tempatkan Lebih Banyak Iklan di App Store setelah Larangan Pelacakan Iklan

Apple Tempatkan Lebih Banyak Iklan di App Store setelah Larangan Pelacakan Iklan

Internet Sehat : Apple telah menambahkan iklan berbayar ekstra ke App Store-nya, seminggu setelah sistem operasi barunya melakukan pembatasan terhadap pelacakan iklan dari perusahaan lain. Ruang iklan baru memungkinkan pembuat aplikasi beriklan di tab pencarian App Store, bukan hanya di hasil pencarian.

Rilis iOS 14.5 minggu lalu menempatkan batasan ketat pada pelacakan di iPhone, termasuk pelacakan untuk iklan. Facebook dengan keras menentang perubahan tersebut dan memperingatkan bahwa hal tersebut akan mendukung sistem periklanan Apple sendiri.

Fitur Transparansi Pelacakan Aplikasi Apple mengharuskan aplikasi di iPhone untuk meminta izin melacak pengguna untuk iklan. Selama perselisihan panjang antara keduanya, Facebook telah memperingatkan fitur privasi Apple akan merugikan pengiklan termasuk pembuat aplikasi dan menguntungkan Apple.

Sebelumnya, iklan yang dijual Apple hanya muncul di bagian atas hasil pencarian. Slot baru secara efektif menggandakan ruang iklan untuk dijual.

Analis media senior Enders Analysis, Jamie MacEwan mengatakan bahwa waktunya masuk akal. Menurutnya Apple mungkin mengantisipasi peningkatan permintaan untuk eksposur di App Store. Hal tersebut terjadi karena perubahan privasi iOS Apple telah membuat pilihan lain menjadi kurang menarik. Kampanye iklan di situs lain memiliki ukuran keberhasilan yang kurang dapat diandalkan.

Beberapa laporan menunjukkan penjualan iklan Apple bisa bernilai lebih dari 2 miliar dan terus berkembang.

Sumber : BBC

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.