AS Dakwa 4 Orang Rusia karena Peretasan Sektor Energi

Internet Sehat : Amerika Serikat (AS) telah mendakwa empat pegawai pemerintah Rusia dengan serangan siber di sektor energi global. Mereka dituduh menargetkan ratusan perusahaan dan organisasi di sekitar 135 negara antara 2012-2018. Kegiatan mereka dikatakan telah menyebabkan dua penutupan darurat terpisah di satu fasilitas di Arab Saudi.

Konspirasi tersebut kemudian diduga mencoba meretas komputer perusahaan yang mengelola entitas infrastruktur penting serupa di AS. Beberapa individu terkait dengan dakwaan AS ke FSB, dinas keamanan Rusia.

Inggris juga telah memberikan sanksi kepada organisasi pertahanan Rusia yang dikatakan terkait dengan serangan tersebut. Presiden AS Joe Biden minggu ini memperingatkan kemungkinan serangan siber terkait dengan konflik Ukraina, tetapi dakwaan ini melibatkan aktivitas sejak sebelum perang dimulai.

Wakil Jaksa Agung AS Lisa Monaco mengatakan bahwa peretas yang disponsori negara Rusia menimbulkan ancaman serius dan terus-menerus terhadap infrastruktur penting, baik di Amerika Serikat maupun di seluruh dunia. Meskipun tuduhan kriminal yang dibuka hari ini mencerminkan aktivitas masa lalu, mereka memperjelas kebutuhan mendesak yang berkelanjutan bagi bisnis Amerika untuk memperkuat pertahanan dan tetap waspada.

Terdakwa diduga telah menginstal back doors dan meluncurkan perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk membahayakan keselamatan fasilitas energi. Sebanyak dua kelompok peretas dituduh melakukan serangan. Menurut dakwaan, antara Mei dan September 2017, satu kelompok dituduh meretas sistem pabrik petrokimia di Arab Saudi dan memasang malware yang oleh para peneliti keamanan siber disebut sebagai Triton atau Trisis pada keamanan sistem yang diproduksi oleh Schneider Electric.

Antara Februari dan Juli 2018, konspirator dikatakan telah meneliti kilang serupa di AS dan tidak berhasil meretas sistem komputer perusahaan. Terdakwa dalam kasus ini dikatakan sebagai karyawan State Research Center of the Russian Federation FGUP Central Scientific Research Institute of Chemistry and Mechanics.

Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss telah menggunakan rezim sanksi dunia maya Inggris untuk menunjuk Central Scientific Research Institute of Chemistry and Mechanics (TsNIIKhM). Serangkaian tuduhan lainnya terkait dengan tiga peretas yang terkait dengan Unit Militer 71330, atau Centre 16 FSB.

Diduga antara 2012 dan 2017 mereka terlibat dalam intrusi komputer ke perusahaan dan organisasi di sektor energi internasional, termasuk perusahaan minyak dan gas, pembangkit listrik tenaga nuklir, dan perusahaan utilitas dan transmisi listrik. Mereka dikatakan telah menargetkan perangkat lunak dan perangkat keras yang mengontrol peralatan di fasilitas pembangkit listrik.

Pusat Keamanan Siber Nasional Inggris mengatakan pihaknya menilai bahwa hampir pasti bahwa Center 16 FSB juga dikenal dengan nama samaran kelompok peretas Energetic Bear, Berserk Bear dan Crouching Yeti, dan menargetkan sistem TI kritis. dan infrastruktur nasional di Eropa, Amerika dan Asia. Mereka didakwa oleh FBI karena menargetkan sistem yang mengendalikan pembangkit listrik tenaga nuklir Wolf Creek di Kansas pada tahun 2017, meskipun ini gagal memberikan dampak negatif.

Sumber : BBC

Share